Mohon tunggu...
Andri Asmara
Andri Asmara Mohon Tunggu... Penulis

Musik adalah serpihan bebunyian surga yang jatuh ke dunia.

Selanjutnya

Tutup

Musik Pilihan

Bijak Bermusik #1

9 April 2019   23:37 Diperbarui: 10 April 2019   00:22 0 2 0 Mohon Tunggu...

ALERGI

Persoalan dalam dunia musik memang kompleks dan memusingkan bagi orang yang terjun langsung didalam dunia praktisi, pengamat, maupun pendidik musik. Perbedaan perspektif dan mazhab berpikir yang tidak hanya dengan satu jalan membuat kritikus satu dengan lainnya, pemusik satu dengan lainnya, pendidik satu dengan lainnya, saling meramu argumen demi mempertahankan produk intelegensinya yang paling ilmiah. Namun untuk pendengar musik yang awam, mungkin persoalan tersebut tidak ada urusan dengan kehidupannya. 

Mereka (pendengar awam) kerap kali di hapuskan keberadaannya, mengingat para cendekia musik biasanya alergi dengan kata industri (menurut pengalaman saya) yang akhirnya semua dipukul rata bahwa selera pasar selalu buruk dan tak bergengsi untuk dilakukan uji penelitian. Hasilnya, pendengar tak punya pilihan, ia santap semua produk industrial yang disuguhkan oleh oknum yang mungkin tidak paham ilmu musik sama sekali. Mulailah sedikit demi sedikit industri musik meluntur kewibawaannya. 

Proses kreatif sudah menjadi metode yang usang, yang paling penting bisa menjual, viral, persetan dengan tingkat mutu musiknya. Selama pendengar bisa larut dalam bius-bius kepasrahan, tak ada lagi yang dikhawatirkan, industri "kacang gorengan" yang akan terus mendominasi. 

KONTEN MENARIK LAINNYA
x