Mohon tunggu...
Andri Aprilian
Andri Aprilian Mohon Tunggu... -

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Jangan Malu Menjadi Mahasiwa Jurusan Pendidikan

12 Oktober 2017   08:13 Diperbarui: 12 Oktober 2017   08:27 679
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
SUMBER: pilahberita.com

assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.. hai... jumpa lagi sama aku, smoga kita diberikan kesehatan yang berkah ya.. supaya kita dapat beraktifitas dengan sempurna. nah, akhirnya saya bisa menyempatkan waktu untuk ngeblog lagi, para sahabat pasti bertanya-tanya, mengapa saya membuat judul "jangan malu menjadi mahasiwa jurusan pendidikan"? nah, akan saya jawab. sebenarnya ini berawal dari ceritaku. maaf ya kalau saya cerita tentangku sedikit-sedikit hehehe.. 

para sahabatt ppasti banyak yang tau, bagaimana senangnya saat ada tes-tes, atau pendaftaraan kuliah. waktu itu saya ikuti semua tes-tes yang ada di perguruan tinggi. akhirnya saya di terima masuk di UIN malang lewat jalur Span-ptkin dan masuk di jurusan PGMI (pendidikan guru madrasah ibtidaiyah). pada saat itu saya senang sekali, selang beberapa waktu saya bertemu orang lain. ia berkata seperti ini "Nak, milih jurusan kog guru, kog tidak jurusan Bank-Bank atau lainnya gajinya juga lebih banyak?". karena masih polosnya aku lalu saya jawab begini "tidak apa apa bu, mungkin saya sudah di takdirkan masuk di jurusan pendidikan bu". 

karena pertanyaan dari orang itu, akhirnya saya berfikir dan berangan-angan terus. dan dibenakku selalu muncul pertanyaan, apa sich keunggulan jurusan pendidikan?. akhirnya memutuskan ingin tau sendiri apa keutamaan menjadi mahasiswa jurusan pendidikan. dan akhirnya pertanyaanku terjawab dengan sendirinya seiring berjalannya waktu saat mengikuti proses perkuliahan di jurusan pendidikan. nah, akan aku simpulkan apa keunggulan dari jurusan pendidikan.

Guru dalam bahasa jawa sering diartikan digugu lan ditiru. maksudnya adalah guru itu harus ditaati dan diteladani, karena guru adalah cerminan dari siswa. dan  janga lupa sampai hebatnya profesi guru sehingga di juluki gelar pahlawan tanpa jasa. nah, akan saya tunjukkan keunggulan yang lainnya.

keunggulan profesi Guru:

1. Guru adalah yang mendidik seseorang tentang bagaimana akhlak yang baik, moral yang baik, adab yang baik, dst.

2. cerminan dari anak didiknya. maksudnya adalah guru itu menjadi kiblat dari para anak didiknya, jadi setiap perilaku atau ucapan seorang guru akan ditiru oleh anak didiknya.

3. pahlawan tanpa jasa, karena guru telah rela mengajarkan anak didiknya supaya menjadi pribadi yang baik dan cerdas tanpa mengeluh meskipun terkadang anak didik itu mbandel.

4. seorang yang mempunyai kesabaran yang tinggi, karena guru dengan sabarnya mengajarkan muridnya yang belum tau apa-apa, dengan sabarnya ia mendidik sampai murid tau tentang semua hal.

5. orang tua kedua saat di Sekolah, seorang guru akan menjadi orang tua dari murid-muridnya, karena guru lah yang bertanggunga jawab atas murid-muridnya itu ketika di Sekolah

6. Gajinya cukup banyak, karena saat ini profesi guru sudah diperhatikan pemerintah dengan program sertifikasi dari pemerintah.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun