Mohon tunggu...
Andrian Habibi
Andrian Habibi Mohon Tunggu... Konsultan - Kemerdekaan Pikiran

Menulis apapun yang aku pikirkan. Dari keresahan atau muncul untuk mengomentari sesuatu. Cek semua akun dengan keynote "Andrian Habibi".

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Bedah Novel "Aku dan Pahitnya Darah Mudaku"

26 Januari 2018   20:58 Diperbarui: 26 Januari 2018   21:11 1034
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bincang Novel Darah Muda. (Komunitas Ruang Bebas UNU Indonesia)

Tiga orang DWI dengan satu SAID, memberi makna malam sabtu. Suara-suara ini berasal dari UNU Indonesia, di Jalan Taman Amir Hamzah, Jakarta Pusat, Jum'at, 26 Januari 2018.

Malam ini, mulai pecah, suara merdu Dwi Putri, mahasiswi Pegiat Sastra UNU Indonesia. Dwi Putri merasakan kebahagiaan dengan forum "Bincang Novel Darah Muda".

Bagaikan "mendapatkan kesempatan emas" kata satu-satunya perwakilan perempuan diantara empat orang diatas panggung.

Dwi Putri mengisahkan makna "kejujuran" sebagai kata kunci penulis. Apakah jujur itu penting? Bagi Dwi Putri, menggerakkan tangan untuk mengurai kata dan kalimat butuh kata "jujur".

Waktu tidak terasa, meskipun waktu terus berjalan. Suara merdu Dwi Putri menceritakan ulang sang "aku" dalam menjalani kehidupan "Darah Muda".

Setelah sebelumnya membayangkan kisah romansa anak muda "zaman now". Ternyata Dwi Putra mendapati "aku" berhasil mengoyak pertahanan emosi.

Relung hatinya hanyut setelah membaca lembar demi lembar. Bahwa "aku" adalah korban ego antar keluarga ayah dan ibu "aku".

"Aku sungguh menyedihkan," ucap pemilik nama Dwi Putri. Diantara kehidupan "aku"; salah satu kisah adalah diskriminasi atas si "aku" oleh pamannya sendiri.

Muhtar Said, Dwi Cipta, Dwi Winarno & Dwi Putri
Muhtar Said, Dwi Cipta, Dwi Winarno & Dwi Putri
Membaca Keakuan

Dwi Winarno, pendidik Sosiologi UNU Indonesia adalah aktifis. Hidupnya mendidik dan bergerak demi gerakan.

"Aku membaca aku dari akhir ke awal," kata pelatih organisasi mahasiswa ini.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun