Mohon tunggu...
andrian 1800030427
andrian 1800030427 Mohon Tunggu... Mahasiswa Universitas Ahmad Dahlan

Universitas Ahmad Dahlan

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Pentingnya Poster Film dalam Romosi Sebuah Film

23 Juli 2021   01:33 Diperbarui: 23 Juli 2021   01:37 46 0 0 Mohon Tunggu...

Pentingnya Poster sebuah film sebagai media promosi

 Banyak sekali cara untuk mempromosikan sebuah film agar diketahui banyak orang salah satunya ialah Poster film, seperti halnya poster -- poster promosi lainnya mempunyai fungsi sebagai media promosi atas sebuah film tertentu. Walau saja pemasangannya yang agak terbatas di area bioskop saja, tapi desain poster film itu tentu sangat penting karena dijadikan identitas terhadap suatu film tertentu.

Di satu sisi berguna sebagai suatu media untuk promosi dan identitas suatu film, poster film itu juga bentuk dari produk desain grafis, dan sekarang bisa dikatakan karya seni karena desain poster yang dibuat menarik, disamping mempunyai fungsi tertentu juga dapat menjadi suatu karya seni.

Biasanya untuk film-film yang memerlukan biaya mahal, poster film dibuat dalam bermacam - macam desain yang berbeda, disamping biasanya setiap negara bisa jadi mempunyai poster film yang berbeda dari lainnya, biasanya ada desain poster khusus yang dibuat sebagai teaser sebelum peluncuran film dimulai. Fungsi dari poster film teaser ini adalah membangun perasaaan ingin tahu lebih lanjut dari orang -- orang yang telah melihat poster ini.

Sebagai salah satu produk desain grafis, tentunya juga ada aturan - aturan tertentu dalam membuat desain poster ini, tapi dalam perkembangannya desain poster terus berkembang dengan ide yang jauh lebih maju, tanpa pernah melupakan kegunaanya sebagai media promosi dan sebagai identitas suatu film. Suatu desain poster yang baik harus dapat mewakili produknya, demikian juga suatu poster film, desain poster tersebut seyoganya harus mewakili tema cerita dari film yagn terkait. Kebanyakan poster film akan didominasi dengan foto (penuh atau sebagian) dari pemain utamanya beserta pemain pendukungnya.

Sebagai suatu bentuk yang mempunyai nilai seni dan mempunyai suatu fungsi tertentu sebagai media promosi dan identitas sebuah produk lainnya. Maka tidak mudah memberikan penilaian mengenai sautu poster film. Evaluasi terhadap suatu poster film selalu harus didasarkan pada dua hal yaitu fungsi dan nilai estetika (keindahan).

 Fungsi

Penilaian suatu poster film harus diutamakan dari sisi fungsi dari poster itu sendiri. Sebagai suatu media promosi dan identitas dari suatu film, maka suatu poster film harus mampu mewakili produk filmnya itu sendiri (baik dari segi cerita maupun dari sisi lainnya).

Nilai Estetika

Disamping harus mampu mewakili produk film itu sendiri, poster film yagn mempunyai nilai estetika yang tinggi (indah) akan mempunyai nilai tambah, karena poster tersebut akan mempunyai daya tarik tersendiri bagi orang untuk melihat poster tersebut, membangun rasa ingin tahu dan bisa tetap melekat dalam ingatan orang, sehingga secara tidak langsung juga akan membuat orang untuk tetap mengingat film tersebut.

VIDEO PILIHAN