Mohon tunggu...
Andri Oktovianus Pellondou
Andri Oktovianus Pellondou Mohon Tunggu... Guru - Saya senang dunia Filsafat, Sains, dan ilmu Sosial

Pengajar

Selanjutnya

Tutup

Politik

Gaya Jokowi: Mengupayakan Damai dengan Damai

30 Juni 2022   20:42 Diperbarui: 30 Juni 2022   20:51 59 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Politik. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Banyak yang pesimis dengan kunjungan Jokowi ke Rusia untuk memperjuangkan perdamaian. Sebenarnya langkah yang diambil jokowi cukup tepat. Tujuan Jokowi adalah perdamaian Rusia dan Ukraina. Daripada mengambil langkah seperti negara-negara barat, Jokowi memilih jalan negosiasi.

Kenapa jokowi mengunjungi duluan Ukraina sebelum kunjungi Rusia??Pertama kunjungan Jokowi ke Ukraina adalah karena rasa kemanusiaan, namun selain itu kunjungan Jokowi ke ukraina juga menunjukan kepada Ukraina dan negara negara barat bahwa Jokowi tidak mendukung tindakan Rusia terhadap Ukraina, supaya kepergian Jokowi ke Rusia tidak disalah pahami oleh Ukraina dan negara negara barat.

Egonya Putin kemungkinan tidak bisa dilawan dengan gaya konfrontasi seperti yang telah dilakukan negara negara barat. Justru konfrontasi bisa memicu perang dunia ke tiga. Mengupayakan damai dengan cara damai, itulah yang dilakukan oleh Jokowi. Mantap Jokowi, mantap presidenku.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Politik Selengkapnya
Lihat Politik Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan