Mohon tunggu...
Andri Marza Akhda
Andri Marza Akhda Mohon Tunggu... Wiraswasta - Content Planner

Bahas semua hal yang menarik. Dari olahraga, virtual reality, digital marketing, teknologi, fashion, dunia kuliah, dan juga hal-hal receh lainnya

Selanjutnya

Tutup

Inovasi

5 Teknik SEO yang Ampuh Digunakan Jika Kamu Masih Hidup di Masa Lalu!

22 Januari 2024   15:47 Diperbarui: 22 Januari 2024   15:48 149
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

SEO adalah ilmu optimasi website agar dapat tampil di urutan teratas halaman hasil pencarian search engine. SEO sendiri adalah kependekan dari Search Engine Optimization. Ilmu optimasi website ini mengharuskan kamu untuk paham banyak hal. Dimulai dari memahami On Page SEO, Off Page SEO, Local SEO dan juga Technical SEO.

On Page SEO adalah metode SEO yang seluruh langkah-langkahnya dilakukan di dalam website utama. Contohnya dari penerapan metode ini adalah dengan membuat artikel SEO friendly.

Off Page SEO adalah metode SEO yang seluruh langkah-langkahnya dilakukan di luar website utama atau website alternatif. Contohnya dari penerapan metode ini adalah dengan melakukan proses link building.

Local SEO adalah metode SEO yang seluruh langkah-langkahnya difokuskan pada pencarian lokal. Contohnya dari penerapan metode ini adalah dengan mengoptimalkan penggunaan Google My Business.

Technical SEO adalah metode SEO yang seluruh langkah-langkahnya difokuskan pada hal-hal yang terkait dengan teknis. Contohnya dari penerapan metode ini adalah dengan membuat Schema Markup, Sitemap HTML/XML, dan lain-lain.

Selain 4 metode penting di atas, pebisnis yang memilih SEO sebagai channel marketing utama diharuskan untuk peka terhadap perkembangan terbaru tren konten dan algoritma Google. Search engine terpopuler dan sekaligus menjadi pusat praktik ilmu SEO.

Nah, bagian terakhir inilah yang nantinya akan membantu pebisnis untuk mengetahui apakah strategi SEO yang mereka lakukan di bagian On Page, Off Page dan lain-lain sesuai dengan aturan atau algoritma baru yang berlaku.

Tanpa adanya pemahaman seperti ini, seorang pebisnis bisa saja tanpa sadar telah menjalankan strategi SEO yang sebenarnya sudah usang atau bahkan sudah masuk ke dalam kategori Black Hat SEO.

Untuk membantu menambah wawasan kita terhadap strategi SEO yang sudah usang ini, berikut ini penulis akan memberikan keterangan lengkap tentang 5 teknik SEO yang ampuh digunakan, jika kamu masih hidup di masa lalu!. 5 teknik ini penulis dapatkan dari keterangan yang ada di blog Agency SEO JogjaCreativism.id.

Penasaran apa saja?, simak baik-baik artikel ini ya!.

1. Memasang Keyword Pada Domain

Teknik SEO usang pertama yang akan kita bahas adalah memasang keyword pada domain utama website. Teknik ini sering disebut dengan exact match domain. Biasanya ditujukan untuk memudahkan website tampil di urutan teratas pada keyword tertentu yang menjadi domain. Contohnya domain website dengan keyword www.bangunrumahjogja.com. Pebisnis yang menggunakan domain ini pastinya berharap bahwa websitenya akan tampil di urutan teratas halaman hasil pencarian Google dengan keyword Jasa Bangun Rumah Jogja.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun