Mohon tunggu...
Andri Kurniawan
Andri Kurniawan Mohon Tunggu... Penulis - Lulusan Politeknik Negeri Jember 2022

Tulislah apa yang kamu pikirkan, cintailah apa yang menjadi milikmu. Kita semua berjalan menuju kesuksesan dengan caranya masing-masing, sebab ada yang harus dinanti, didoakan, serta diusahakan.

Selanjutnya

Tutup

Bola

Gagal Bawa Spanyol Bersinar di Piala Dunia 2022, Luis Enrique Resmi Mengundurkan Diri

8 Desember 2022   12:35 Diperbarui: 8 Desember 2022   12:42 163
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pelatih Timnas Spanyol, Luis Enrique yang akan dicopot dari kursi kepelatihannya (sumber: pilar.id/Fathur Rohman)

Gelaran Piala Dunia 2022 Qatar telah usai menyelenggarakan babak 16 besar. Tercatat sudah ada 8 negara yang memastikan tempat di babak perempatfinal per Rabu (07/12/22) kemarin.

Timnas Portugal menjadi wakil terakhir yang lolos ke babak perempatfinal usai menang besar 6-1 atas Swiss.

Gol kemenangan Portugal dicetak oleh Goncalo Ramos menit 17, 51, dan 67. Kemudian Pepe pada menit 33, Guerreiro menit 55, dan ditutup oleh Rafael Leao pada menit 90 tambahan waktu.

Hasil tersebut memastikan Ronaldo cs akan menghadapi Maroko di perempatfinal yang sebelumnya berhasil mengalahkan raksasa Spanyol 3-0 lewat drama adu penalti, setelah bermain imbang 0-0 sepanjang 90 menit plus 30 menit babak tambahan.

Tragis bagi Spanyol, dijagokan dalam adu penalti, tiga eksekutor mereka malah gagal mengonversi menjadi gol, yaitu Sergio Bosque, Carlos Soler, dan Pablo Sarabia.

Ketiga tendangan tersebut berhasil diblok oleh kiper Yassine Bounou. Sedangkan 3 dari 4 eksekutor Maroko berhasil mencetak gol ke gawang Spanyol yang dikawal Unai Simon.

Gol penentu kemenangan Maroko dicetak oleh Achraf Hakimi melalui tendangan panenka.

Sama halnya dengan Timnas Jerman yang tersingkir dari fase grup pada 2 edisi Piala Dunia yang berbeda, yaitu 2018 dan 2022. Spanyol juga mengalami hal serupa, gagal di babak 16 besar di 2 edisi Piala Dunia yang berbeda, 2018 dan 2022, serta sama-sama dari adu penalti.

Penampilan buruk anak asuhnya di Piala Dunia 2022 kali ini langsung direspon oleh Luis Enrique selaku pelatih Timnas Spanyol.

Sebagai bentuk tanggungjawab, Luis Enrique akhirnya memutuskan mengundurkan diri dari kursi kepelatihan Timnas Spanyol mulai Jumat (09/12/22) esok hari.

"Akan ada pelatih baru Spanyol dalam 24-48 jam kedepan. Luis De la Fuente selaku pelatih Timnas Spanyol U-21 menempati posisi terbaik untuk menempati bangku cadangan," keterangan resmi dari El Larguero dalam siaran langsungnya, Kamis (08/12/22) tadi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun