Mohon tunggu...
Andri Kurniawan
Andri Kurniawan Mohon Tunggu... Penulis - Lulusan Politeknik Negeri Jember 2022

Tulislah apa yang kamu pikirkan, cintailah apa yang menjadi milikmu. Kita semua berjalan menuju kesuksesan dengan caranya masing-masing, sebab ada yang harus dinanti, didoakan, serta diusahakan.

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Drama Adu Penalti, Kroasia Sudahi Perlawanan Jepang di 16 Besar Piala Dunia 2022

6 Desember 2022   04:45 Diperbarui: 6 Desember 2022   04:51 149
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi dua pemain andalan Timnas Jepang dan Kroasia (sumber: insiden24jam.com/Anugrah)

Menakjubkan, mungkin itulah kata-kata yang bisa menggambarkan bagaimana kompetitifnya gelaran Piala Dunia 2022 Qatar kali ini. Bagaimana tidak, sejumlah kejutan terjadi pada gelaran 4 tahunan tersebut.

Mulai dari tersingkirnya Jerman dan Belgia, sampai Arab Saudi, Jepang, Tunisia, serta Kamerun yang berhasil mengalahkan kandidat juara, seperti Argentina, Jerman, Spanyol, Brazil, dan Perancis.

Berbeda dengan Arab Saudi, Tunisia, dan Kamerun, langkah Timnas Jepang bisa dikatakan cukup menakjubkan. Wakil Asia tersebut berhasil menjadi juara grup E yang notabene adalah grup neraka, beranggotakan Spanyol, Jerman, dan Kosta Rika.

Setelah melakukan momen comeback 2 kali melawan Jerman dan Spanyol di fase grup, akhirnya langkah Jepang harus terhenti di babak 16 besar.

Kepastian tersebut didapatkan usai Jepang kalah 1-3 atas Kroasia dalam adu penalti setelah bermain imbang 1-1 pada 90 menit penuh, Senin (05/12/22) malam hari.

Pertandingan berjalan begitu ketat, nampak para pemain dari Jepang maupun Kroasia lebih memilih bermain sabar dan merabah-rabah pertahanan musuh untuk mencari celah yang kosong.

Timnas Jepang unggul terlebih dahulu lewat sepakan Daizen Maeda pada menit 43. Skor 1-0 bertahan hingga turun minum. Sepuluh menit kemudian, Kroasia akhirnya bisa menjebol gawang Jepang yang digadang-gadang sebagai titisan kiper di anime Tsubasa, Wokabayashi pada menit 55 lewat sepakan Ivan Perisic.

Pertandingan cukup berimbang. Skor 1-1 bertahan hingga laga usai, yang mana diteruskan dengan tambahan 15 menit dua kali. Kedua tim tidak bisa memecah kebuntuan, yang mana harus ditentukan lewat adu penalti.

Nahas bagi Timnas Jepang, tiga penendang pertama mereka, Takumi Minamino, Kaoru Mitoma, dan Maya Yoshida gagal mengeksekusi penalti, karena berhasil ditepis oleh kiper Dominik Livakovic, hanya Takuma Asano yang berhasil. 

Tidak ada lagi comeback ketiga khas dari Timnas Jepang untuk mengagetkan lawan-lawannya.

Sementara Timnas Kroasia, 3 dari 4 penendang berhasil menjebloskan bola ke gawang Jepang, dan memastikan keunggulan Kroasia 3-1 atas Jepang.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun