Mohon tunggu...
Andri Kurniawan
Andri Kurniawan Mohon Tunggu... Penulis - Lulusan Politeknik Negeri Jember 2022

Tulislah apa yang kamu pikirkan, cintailah apa yang menjadi milikmu. Kita semua berjalan menuju kesuksesan dengan caranya masing-masing, sebab ada yang harus dinanti, didoakan, serta diusahakan.

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Timnas Jerman Tersingkir dari Piala Dunia 2022, Thomas Muller Beri Indikasi Segera Pensiun

2 Desember 2022   15:50 Diperbarui: 2 Desember 2022   16:04 2037
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Thomas Muller, sosok pemain Timnas Jerman dan Bayern Munchen (sumber: m.sportbild.bild.de/Dieter Nickles)

Timnas Jerman baru saja mengakhiri langkahnya di Piala Dunia 2022 Qatar setelah tersingkir pada fase grup. Tergabung bersama Spanyol, Jepang, dan Kosta Rika di Grup E, tim berjuluk Der Panzer tersebut harus puas finish di posisi ketiga dibawah Jepang dan Spanyol.

Kemenangan 4-2 atas Kosta Rika dini hari tadi, Jumat (02/12/22) tidak cukup untuk meloloskan Der Panzer ke babak 16 besar, sebab mereka kalah selisih 3 gol dari Spanyol yang berada satu tingkat diatasnya, dengan koleksi 4 poin dari 3 pertandingan.

Tersingkirnya Jerman tentu diluar dugaan para fans sepakbola dunia, sebab seperti yang kita ketahui bahwa Thomas Muller cs merupakan kandidat juara Piala Dunia disetiap edisi Piala Dunia.

Peraih trofi Piala Dunia 2014 Brazil tersebut selalu meramaikan gelaran 4 tahunan sekali tersebut. Partai-partai melawan tim besar seperti Spanyol, Portugal, Argentina, Brazil, dan Inggris menjadi penantian pada Piala Dunia 2022 kali ini, namun sayang Der Panzer tersingkir.

Para pemain Timnas Jerman pun meminta maaf kepada fans atas kegagalannya menembus babak 16 besar Piala Dunia 2022 Qatar kali ini, khususnya Thomas Muller selaku salah satu pemain senior di skuad Der Panzer.

Bersamaan dengan permohonan maafnya, pemain berusia 33 tahun yang setia membela Bayern Munchen itu memberikan indikasi bahwa ia akan segera pensiun dari dunia sepakbola, khususnya sebagai pemain Timnas Jerman.

"Ini adalah bencana besar. Saya tidak tahu apa yang akan terjadi selanjutnya. Jika ini adalah pertandingan terakhir saya untuk tim nasional, saya ingin mengucapkan beberapa patah kata kepada para penggemar Jerman. Hadirin sekalian, itu adalah senang bermain, kami memiliki momen yang luar biasa," ujar Muller seusai pertandingan, dikutip dari laman twitter Bayern Times, Jumat (02/12/22).

Lebih lanjut, Thomas Muller sambil bercanda mengatakan bahwa ini semua gara-gara para pemain Barcelona yang membela Spanyol. 

"Tersingkir? Itu karena hasil di Spanyol, dan di Spanyol ada Barcelona, mereka harus membayarnya," lanjutnya sambil tertawa.

Pernyataan Muller tersebut kali ini bukanlah lelucon, mengingat usianya yang sudah tidak lagi muda, dan ia kemungkinan besar akan habis tenaga jika harus menunggu dan bermain di Piala Dunia 2026 diusianya yang mencapai 37 tahun.

Thomas Muller sendiri sudah membela Timnas senior Jerman sejak 2010 dan sudah tampil sebanyak 120 laga, serta mencetak 44 gol.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun