Mohon tunggu...
Andri Kurniawan
Andri Kurniawan Mohon Tunggu... Penulis - Lulusan Politeknik Negeri Jember 2022

Tulislah apa yang kamu pikirkan, cintailah apa yang menjadi milikmu. Kita semua berjalan menuju kesuksesan dengan caranya masing-masing, sebab ada yang harus dinanti, didoakan, serta diusahakan.

Selanjutnya

Tutup

Vox Pop Pilihan

KTT G20 Indonesia: Joe Biden dan Xi Jinping Sepakat Larang Gunakan Senjata Nuklir, Zelensky Curhat Kondisi Ukraina

15 November 2022   16:10 Diperbarui: 16 November 2022   11:35 165
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Nampak Joe Biden dan Xi Jinping saling melempar senyuman (sumber: bisnis.com/Feni Fitriani)

Gelaran KTT G20 Bali Indonesia 2022 baru saja dimulai hari ini, Selasa 15 November dan Rabu 16 November 2022 esok hari. Sejumlah pemimpin negara datang untuk mewakili diri dalan KTT G20.

KTT G20 sendiri merupakan suatu forum kerjasama multilateral yang berfokus pada upaya pengembangan perekonomian, perdagangan, keuangan, kebijakan, dan kestabilan dalam lingkup global.

Anggota G20 sendiri terdiri dari Rusia, Amerika, China, Indonesia, Inggris, Republik Korea, Afrika Selatan, Argentina, Australia, Brazil, India, Arab Saudi, Italia, Jepang, Jerman, Kanada, Meksiko, Prancis, dan Turki.

Ditengah kestabilan dunia yang sedang goyah, seperti konflik Rusia-Ukraina dan China-Taiwan yang sampai saat ini masih berlangsung, belum lagi Korea Utara yang melakukan ujicoba senjata nuklir, yang memancing reaksi Jepang dan Korea Selatan.

Indonesia datang berupaya mendamaikan keadaan dunia dengan mengadakan KTT G20. Hal tersebut langsung nampak beberapa hari lalu, sebelum KTT G20 diselenggarakan hari ini, Selasa (15/11/22), diketahui Presiden Amerika Serikat, Joe Biden sempat bertemu Presiden Tiongkok, Xi Jinping.

Presiden Xi Jinping dan Joe Biden melakukan pertemuan bilateral untuk membahas tentang kesepakatan larangan penggunaan senjata nuklir dalam sebuah perang atau konflik yang dapat memberikan dampak fatal secara global.

Pertemuan Joe Biden dan Xi Jinping berlangsung selama 3,5 jam yang membahas tentang kestabilan global dan tentunya invasi Rusia-Ukraina, serta konflik Tiongkok-Taiwan.

"Kami membahas agresi Rusia terhadap Ukraina, dan kami sepakat untuk mengecam penggunaan senjata nuklir. Penggunaan nuklir tidak bisa diterima," ujar Biden usai pertemuannya bersama Xi Jinping.

Lebih lanjut Joe Biden sangat senang bisa bertemu dengan Xi Jinping setelah kurang lebih 5 tahun tidak pernah bertemu.

Hari ini, Selasa 15 November 2022 KTT G20 Bali Indonesia dimulai, sama halnya dengan Rusia, Presiden Ukraina, Zelensky juga tidak bisa menghadiri pertemuan secara langsung, namun dilakukan secara virtual.

Dalam pidatonya di KTT G20, Zelensky mengutarakan tentang kondisi dari negaranya dan poin-poin mengenai ancaman yang dilakukan Rusia. Dimana ancaman senjata nuklir lah yang paling ditakuti oleh Zelensky.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Vox Pop Selengkapnya
Lihat Vox Pop Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun