Mohon tunggu...
Andri Kurniawan
Andri Kurniawan Mohon Tunggu... Penulis - Mahasiswa

Tulislah apa yang kamu pikirkan, cintailah apa yang menjadi milikmu. Kita semua berjalan menuju kesuksesan dengan caranya masing-masing, sebab ada yang harus dinanti, didoakan, serta diusahakan.

Selanjutnya

Tutup

Raket Pilihan

Perseteruan Kevin Sanjaya dengan Harry IP, Hingga Kemungkinan Keluar dari Pelatnas

27 September 2022   11:40 Diperbarui: 27 September 2022   11:49 568 3 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Minions tampak berfoto dengan sang pelatih, Harry IP (sumber: suara.com/Rizki Nurmansyah)

Kabar tidak sedap datang dari pebulutangkis ganda putra andalan Indonesia, Kevin Sanjaya Sukamuljo. Belakangan ini hubungan sang pemain dan sang pelatih Harry IP tampak semakin renggang.

Pengakuan Kevin Sanjaya
Hal tersebut terlihat dari sikap Kevin Sanjaya yang sudah enggan berlatih bersama Harry IP. Ia menuturkan bahwa perseteruan antara dia dan sang pelatih sejatinya sudah berjalan cukup lama, tepatnya saat Kevin mulai masuki Pelatnas Cipayung.

Saat itu, Harry IP tampak meragukan kemampuan Kevin Sanjaya. Hal tersebut terlihat saat gelaran race to Olympic 2016, dimana Kevin tidak diberangkatkan untuk bertanding di Eropa dan China Open.

Kala itu, sosok pasangan ganda putra Angga Putra/Ricky Karanda menjadi saingan dari Marcus/Kevin. Ia menjelaskan saat itu Harry IP lebih memilih Angga Putra dan Ricky Karanda untuk berkompetisi.

Kevin Sanjaya mengaku lebih banyak menghabiskan waktu latihan bersama Aryo Miranat, setelah sebelumnya bersama Chafidz Yusuf. Lebih lanjut Kevin menuturkan bahwa Harry IP tidak menemaninya secara full dalam menjalankan latihan, sang pelatih hanya menemani Marcus/Kevin tiga kali dalam seminggu. Tentu hal tersebut membuat Kevin Sanjaya merasa kecewa.

Kevin mengaku sakit hati karena merasa dianaktirikan. Sampai pada final India Open 2016, dimana saat itu Marcus/Kevin harus bertarung melawan rekan seperguruan, Angga/Ricky. Disitu Marcus/Kevin diminta oleh Harry IP untuk mengalah, dan membiarkan Angga/Ricky yang menang.

Ganda putra Angga Putra dan Ricky Karanda (sumber: bola.com/Yosef Deny)
Ganda putra Angga Putra dan Ricky Karanda (sumber: bola.com/Yosef Deny)
Jelas disitu Kevin Sanjaya dan Marcus Gideon tidak mau menuruti permintaan sang pelatih untuk memihak salah satu anak didiknya. Pada akhirnya Marcus/Kevin berhasil menang atas Angga/Ricky dua set langsung (21-17, 21-13).

Kevin mengatakan bahwa Harry IP sebagai sosok pelatih masih kurang mengayomi anak asuhnya. Ia mengatakan bahwa sang pelatih malah banyak bersuara di media tentang berdiskusi dengan anak asuhnya, padahal tidak sama sekali. Ia juga mengatakan bahwa sang pelatih menyukai pemain yang bertubuh tinggi dan besar.

Pasangan Marcus/Kevin sendiri baru saja turun peringkat, yang awalnya teratas tergusur oleh ganda putra asal Jepang Takuro Hoki/Yugo Kobayashi ke posisi 2 dunia.

Penampilan minions menurun pada ajang Indonesia Open dan Indonesia Master yang baru saja di gelar tahun 2022 ini.

Ditanya perihal bagaimana kira-kira solusi kedepannya, Kevin Sanjaya mengatakan dengan tegas bahwa ia tidak bisa lagi berlatih bersama Harry IP. Ia mengaku pasrah jika memang  dikeluarkan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Raket Selengkapnya
Lihat Raket Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan