Mohon tunggu...
Andri Kurniawan
Andri Kurniawan Mohon Tunggu... Penulis - Mahasiswa

Tulislah apa yang kamu pikirkan, cintailah apa yang menjadi milikmu. Kita semua berjalan menuju kesuksesan dengan caranya masing-masing, sebab ada yang harus dinanti, didoakan, serta diusahakan.

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Timnas Indonesia Juara Piala AFF U-16 2022, Kado Sempurna di Bulan Kemerdekaan

13 Agustus 2022   04:25 Diperbarui: 13 Agustus 2022   04:29 259 3 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Poster kemenangan Timnas Indonesia U-16 yang memastikan menjadi juara Piala AFF 2022 (sumber: twitter indosportdotcom)

Setelah sekian lama akhirnya menanti, akhirnya Timnas Indonesia U-16 dapat mengangkat trofi Piala AFF 2022 setelah membungkam perlawanan Timnas Vietnam dengan skor 1-0.

Bertanding di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta, Jumat (12/08/22), Indonesia berhasil tampil rapi sepanjang pertandingan. Gol Indonesia dicetak oleh Kafiatur Rizky di menit tambahan babak pertama.

Ini merupakan gelar kedua yang diraih Timnas Indonesia U-16 sejak 4 tahun lalu. Kedua gelar juara diperoleh Indonesia saat menjadi tuan rumah, sedangkan Vietnam sendiri diketahui telah mengoleksi 3 trofi, sama dengan Thailand.

Jalan Pertandingan
Pada babak pertama, Indonesia bisa dikatakan cukup tertekan, namun masih bisa bermain rapi. Para pemain Indonesia cenderung mengandalkan serangan balik, dimana kerap kali merepotkan pertahanan Vietnam, khususnya kiper Pham Dihn Hai.

Indonesia sempat memperoleh peluang emas di menit ke 28 ketika mendapat tendangan bebas didepan mulut kotak pinalti. Riski Afrisal yang bertugas sebagai eksekutor gagal menyarangkan bola ke gawang Vietnam.

Timnas Vietnam mulanya terlihat kesulitan menembus pertahanan Indonesia. Mereka kerap kali kehilangan bola saat akan mendekati pertahanan tim merah putih. Perlahan Vietnam mulai bisa mengikuti gaya permainan Timnas Indonesia.

Jelang istirahat babak pertama, keajaiban datang untuk Timnas Indonesia, umpan tarik Rizdjar Nurviat ke sisi kanan pertahanan Vietnam sukses disambut dengan sedikit gocekan yang diteruskan tendangan ke arah gawang oleh Kafiatur Rizky, dan sukses menjebol gawang Vietnam.

Pada babak kedua, kedua tim nampak meningkatkan intensitas jual beli serangan. Meski begitu Timnas Indonesia masih bisa mendominasi jalannya pertandingan. Serangan-serangan dari depan kotak pinalti kerap kali membuat pemain Timnas Vietnam kelabakan.

Tensi mulai meningkat di menit-menit akhir babak kedua, yang mana sempat terjadi insiden baik di lapangan, maupun di luar, bahkan staff Timnas Vietnam terkena kartu merah karena kebanyakan protes.

Skor 1-0 pun bertahan hingga pertandingan usai. Dengan ini Indonesia memastikan diri menjadi juara di Piala AFF U-16 2022. Kemenangan kali ini tentu terasa spesial bagi Indonesia, yang mana sebentar lagi akan memperingati hari kemerdekaan pada Rabu, 17 Agustus 2022 mendatang.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan