Mohon tunggu...
Andri Kurniawan
Andri Kurniawan Mohon Tunggu... Penulis - Mahasiswa

Tulislah apa yang kamu pikirkan, cintailah apa yang menjadi milikmu. Kita semua berjalan menuju kesuksesan dengan caranya masing-masing, sebab ada yang harus diraih dan dinanti.

Selanjutnya

Tutup

Musik Pilihan

"Imagine", Lagu Perdamaian Penuh Kontroversi dari John Lennon!

16 September 2021   13:10 Diperbarui: 16 September 2021   13:14 329 10 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Transformasi John Lennon dari waktu kewaktu (sumber: cultura.hu)

Siapa yang tidak kenal John Lennon, sosok penyanyi legendaris yang mengawali karier nya di grup band asal Britania Raya bernama The Beatles.

Grup band ini sangat digemari pada tahun 60-an sampai 70-an dengan mengusung genre blues, pop, metal dan rock. Namun sayang, pada 10 April 1970 salah satu personil bernama Paul McCartney menyatakan bahwa The Beatles resmi bubar. Pada akhirnya, masing-masing mantan personil band The Beatles memutuskan untuk solo karier, khususnya John Lennon sendiri.

Beberapa lagu telah diciptakan Lennon saat bersolo karier, salah satu yang paling terkenal adalah lagu berjudul 'imagine'. Dimana ia menjalani video klip bersama sang istri asal Jepang bernama Yoko Ono.

Salah satu scane dalam video klip imagine, Lennon dan Yoko Ono (sumber: m.diadona.id)
Salah satu scane dalam video klip imagine, Lennon dan Yoko Ono (sumber: m.diadona.id)

Menurut John sendiri, lagu ini merupakan lagu dengan pesan perdamaian, hal tersebut ternyata dibenarkan oleh banyak masyarakat dunia, sehingga lagu 'imagine' ini dijadikan himne perdamaian.

Tapi itu menurut pandangan orang awam, yang hanya menilai lagu tersebut dari permukaannya, nyata lagu tersebut ternyata mengandung unsur politik, lagu anti agama, anti nasionalis, anti kapitalis, bahkan ada yang menganggap lagu ini mengandung unsur ideologi komunisme.

Makna terselubung ini tidak begitu tampak karena sudah diperhalus oleh John Lennon yang seorang filosofis dan seniman juga. Namun anggapan tentang dirinya yang seorang komunis langsung dibantah oleh nya.

"Aku bukan seorang komunis, dan aku tidak bergabung dengan gerakan apapun," ujar John.

John sendiri memberitahu bahwa lagu ini merupakan lagu sosialis yang memang ia tunjukan untuk perdamaian, segala kebabasan dalam hidup, namun sarat akan nilai agama dan politik.

Penulisan lagu 'imagine' ini didasari oleh keinginan John membuat lagu tentang doa untuk dunia, dimana sebelumnya John membaca isi Alkitab dan ingin menjadikannya lagu.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Musik Selengkapnya
Lihat Musik Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan