Mohon tunggu...
Andri Kurniawan
Andri Kurniawan Mohon Tunggu... Penulis - Mahasiswa

Tulislah apa yang kamu pikirkan, cintailah apa yang menjadi milikmu. Kita semua berjalan menuju kesuksesan dengan caranya masing-masing, sebab ada yang harus diraih dan dinanti.

Selanjutnya

Tutup

Olahraga

Esports Jadi Olahraga Ekshibisi di Perhelatan PON XX Papua 2021 Mendatang!

13 September 2021   06:20 Diperbarui: 13 September 2021   06:17 189 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Logo dan Maskot PON XX PAPUA 2021 (sumber: kabarbanten.pikiran-rakyat.com)

Perhelatan PON XX Papua 2021 akan diselenggarakan sebentar lagi. Ajang olahraga tahunan nasional tersebut akan dilaksanakan pada Sabtu, 2 Oktober sampai Jumat, 15 Oktober 2021.

Kali ini, Papua berkesempatan menjadi tuan rumah Pekan Olahraga XX 2021 yang bertempat Jayapura. Stadion Lukas Enembe akan menjadi tempat utama pada perhelatan kali ini, baik acara pembuka dan penutup.

Sebenarnya, ajang olahraga ini mulanya  diadakan pada tahun 2020, tetapi ditunda dan mundur satu tahun sebagai imbas pandemi korona yang masih melanda Indonesia. Kini pada 2021 kasus korona sudah mulai melandai.

Sebelumnya ada 3 kandidat kota untuk tuan rumah pada gelaran olahraga kali ini. Papua berhasil mengalahkan Aceh dan Bali dalam perolehan suara, dengan presentase 66 suara pada rapat Komite Olahraga Nasional Indonesia atau KONI.

Berbagai cabang olahraga di lombakan pada gelaran PON XX Papua 2021 kali ini. Ada karate, pencak silat, angkat besi, dayung, renang, panahan, sepak bola, voli dan masih banyak lagi.

Disisi lain ada hal unik yang akan terjadi di PON Papua kali ini, yaitu adanya cabang olahraga ekshibisi yaitu esports.

Esports merupakan kompetisi permainan berbasis elektronik dengan memanfaatkan gadget atau pc untuk bertanding. Sejauh ini, kompetisi esports di Indonesia masih lingkup game.

Di PON XX Papua 2021 sendiri akan menambahkan esports sebagai salah satu cabang olahraga. Game-game online seperti Mobile Legend, Lokapala, FreeFire, serta eFootball akan dilombakan kali ini.

"Berbeda dengan biasanya, PON 2021 kali ini akan menorehkan sejarah bagi komunitas esports di Indonesia, karena untuk pertama kalinya esports akan menjadi salah satu cabang olahraga," tulis akun @pbesi_official di laman instagramnya.

Untuk MOBA akan dipertandingan Mobile Legend dan Lokapala, untuk Battle Royal akan diambil FreeFire, terakhir olahraga akan di isi eFootball.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Olahraga Selengkapnya
Lihat Olahraga Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan