Mohon tunggu...
Andri Kurniawan
Andri Kurniawan Mohon Tunggu... Penulis - Mahasiswa

● Tulislah apa yang ingin kamu sampaikan selagi itu bermanfaat. Menulis itu hobi, mencurahkan pikiran dalam serangkaian kata. ● Politeknik Negeri Jember. Menempuh pendidikan D3-Manajemen Agribisnis 19 (2019-2022).

Selanjutnya

Tutup

Olahraga Pilihan

Basket Olimpiade Tokyo 2020: Final Ideal The Dream Team NBA Amerika Serikat vs Prancis

6 Agustus 2021   10:15 Diperbarui: 6 Agustus 2021   10:24 155 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Basket Olimpiade Tokyo 2020: Final Ideal The Dream Team NBA Amerika Serikat vs Prancis
Kevin Durant dan Adebayo (AS) sedang meladeni permainan Prancis di fase grup Olimpiade Tokyo 2020 (sumber ilustrasi: tribunnews.com)

Gelaran basket Olimpiade Tokyo 2020 telah menapaki partai puncak. Prancis akan menjadi lawan Amerika Serikat di partai tersebut. Pertandingan ini sendiri akan menjadi ujian berat bagi Prancis dalam usahanya meraih medali emas

Pertandingan final akan di gelar pada Sabtu (07/08/21) di Saitama Super Arena pukul 09.30 waktu setempat. Mereka datang ke final usai mengalahkan lawannya masing-masing di semifinal. Amerika berhasil mengalahkan Australia, sementara Prancis menang susah payah kontra Slovenia. 

Amerika Serikat datang ke partai final menyandang status sebagai sang juara bertahan. Rekor mereka di ajang Olimpiade tidaklah main-main, dimana menjadi negara dengan perolehan medali emas terbanyak sepanjang sejarah sejak bergulirnya Olimpiade, yaitu 15 kali dan hanya gagal 3 kali kala melawan Uni Soviet (Rusia) dan Yugoslavia.

Sementara itu, Prancis hanya mampu memperoleh 2 medali perak dari Olimpiade, yaitu pada Olimpiade London 1948 dan Olimpiade Sydney 2000, dan kedua kekalahan tersebut di sebabkan oleh Amerika Serikat. 

Ini merupakan pertemuan ketiga di partai final Olimpiade bagi kedua negara. Pertandingan tersebut diprediksi akan berjalan sengit. Mengingat kedua negara sedang dalam performa terbaiknya, selain itu, baik Prancis dan Amerika sama-sama diperkuat oleh para pemain NBA

Dari kubu Prancis, ada Rudy Gobert (Utah Jazz), Evan Fournier (Orlando Magic dan Boston Celtic), Nicolas Batum (LA Clipers), Timothe Luwawu Cabarrot (Brooklyn Nets), serta Frank Ntilikina (NY Knicks). 

Sedangkan dari Amerika Serikat, semua squad nya merupakan pemain NBA, terdiri dari Bam Adebayo (Miami Heat), Breadly Beal (Washington Wizard), Devin Booker (Phoenix Suns), Kevin Durant (Brooklyn Nets), Jeremi Grant (Detroit Piston), Draymond Grant (Golden State Warrior), Jrue Holiday (Milwaukee Bucks), Zach LaVine (Chicago Bulls), Damian Lillard (Portland Trail Blazer), Kevin Love (Cleveland Caveliers), Khris Middleton (Milwaukee Bucks), serta Jayson Tatum (Boston Celtic). 

Bila dilihat dari susunan pemain, diatas kertas Amerika Serikat lebih dijagokan dari Prancis, namun perlu diingat sebelumnya, Amerika Serikat menyongsong Olimpiade Tokyo ini dengan sedikit noda.

Tepatnya pada partai perdana fase Grup A, team Paman Sam harus takluk dari Prancis dengan skor (83-76). Hasil tersebut membuat rekor 17 tahun tak terkalahkan tim basket Amerika Serikat kandas, terhitung sejak Olimpiade Athena 2004. Kini kedua tim akan bertemu kembali di partai final Olimpiade Tokyo 2020.

Melihat fakta tersebut, bukan tidak mungkin Prancis akan membuat kejutan sekali lagi untuk sang juara bertahan di partai fin nanti.

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN