Mohon tunggu...
Andri Kurniawan
Andri Kurniawan Mohon Tunggu... Mahasiswa

Seorang mahasiswa yang belajar membaca dan menulis literasi

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Pandemi, Apa yang Kau Lakukan pada Kami

1 Desember 2020   07:00 Diperbarui: 1 Desember 2020   07:12 26 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Pandemi, Apa yang Kau Lakukan pada Kami
Para pelajar sedang melakukan pengecekan suhu (shutterstock.com)

2020, tahun yang penuh kejutan. Bukan sebuah kebahagiaan yang datang, namun kemalangan. Musibah yang tidak diduga - duga. Virus corona datang menginfeksi semua orang didunia, termasuk Indonesia.

Sudah 9 bulan lamanya virus ini menyebar di Indonesia, terhitung sejak Maret sampai Desember, namun belum ada penurunan kasus yang signifikan. Virus membuat kita semua terisolasi dan dibatasi dalam beraktifitas. Tentu ini sangatlah membosankan dan mengecewakan bagi kita, terutama bagi pelajar, berbulan - bulan  melakukan aktifitas diri rumah dan tidak bertemu teman - teman di sekolah.

Banyak pelajar yang memilih putus sekolah karena pandemi ini, tugas menumpuk dirumah tanpa interaksi langsung dengan guru, tentu ini akan menjadi beban mental bagi pelajar, termasuk saya. 

Niat hati ingin bekerja membantu orang tua, namun disibukan dengan tugas yang menggunung. Sayang sekali, sangat sedikit ilmu yang dipetik dari pembelajaran seperti ini. Semua bagaikan angin lewat dan hilang begitu saja, sungguh menyedihkan bila dibayangkan. Kita tidak bisa mengasah kemampuan dengan maksimal, kurang edukasi dan lain - lain, belum lagi pelajar didaerah pelosok yang kesulitan dalam pembelajaran jarak jauh. Mereka pelajar namun tidak terajar.

Apa kabar kita nanti....
Apa hanya berdiam diri, termenung melihat awan berlalu lalang di langit, atau hanya merangkai mimpi dalam tidur yang mati.  Bencana ini seakan merenggut hak kita, hak terdidik secara nyata. 

Kita memang hanya bisa berdoa dan berpasrah, karena ini suratan Sang Kuasa, karena dibalik kesusahan pasti ada kemudahan, dibalik kesedihan pasti ada kesenangan yang akan datang, meski ini hanya kata - kata dan seperti mustahil bila dilaksana. Namun kita masih punya harapan lewat doa dan usaha, sekecil apapun usaha kita, bila kebaikan niat kita, kemudahan menyertai kita.

Bencana, cepatlah berlalu, kita ingin menyongsong 2021 dengan segar dan penuh kebahagiaan. Semoga Tuhan selalu memudahkan.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x