Mohon tunggu...
Andri Pratama Saputra
Andri Pratama Saputra Mohon Tunggu... Bankir - Seorang yang ingin selalu belajar dan saling berbagi pengetahuan

Seorang yang ingin selalu belajar dan saling berbagi pengetahuan #RI #BudayaReview

Selanjutnya

Tutup

Financial

Fungsi dan Jasa Ekosistem dalam Ekonomi Hijau

3 Desember 2022   06:50 Diperbarui: 3 Desember 2022   07:15 167
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber: www.geologinesia.com/

Ekonomi hijau bertujuan agar kegiatan tidak mengorbankan keberlangsungan hidup kedepannya yang ekonominya renda karbon, inklusif, dan efisien. Dalam ekonomi hijau memiliki ekosistem yang meyediakan berbagai jasa untuk dapat dimanfaatkan oleh manusia dalam memenuhi kehidupannya. Dajajadiningrat (2014) melanjutkan ekosistem yang akhir-akhir ini mengalami kelangkaan dan tidak mempertimbangkan biaya pemeliharaan lingkungan. 

Pandangan bahwa ekosistem adalah milik bersama menyebabkan kerusakan lingkungan serta barang dan jasa. Kerusakan tersebut akan menurunkan fungsi ekosistem itu sendiri yaitu sebagai penyedia jasa dan berbagai karakteristik yang dapat dimanfaatkan secara wajar. Contohnya, fungsi hutan yang menunjukkan laju produksi, karbon, dan sirlus yang akan berubah fungsinya jika dikpnversi dan menjadi ekosistem manfaat untuk kesejahteraan manusia. Lebih lanjut, fungsi ekosistem itu sendiri adalah sebagai berikut:

1) Fungsi regulasi

Hal ini berhubungan dengan kapasitas ekosistem untuk mengatur proses ekologis dala mendukung kehidupan. Fungsi in meynyediakan jasa untuk manusia seperti pembersihan udara, tanah, air, dan pengendaluan hama.

2) Fungsi habitat

Hal ini berkaitan dengan peran konservasi alami untuk perlindungan dan habitat. Fungsi ini berfungsi memelihara proses alami termasuk fungsi refugia yang merepresentasikan nilai yang dimiliki alam dalam menyediakan habitat fauna dan flora. Selain itu terdapat fungsi pengasuhan yaitu menunjukkan alam dalam menyediakan lokasi untuk reproduksi dan berdampak terhadap pemeliharaan populasi yang tujuan akirnya adalah terpeliharanya fungsi habitat dan regulasi.

3) Fungsi produksi

Fungsi ini meliputi fungsi yang mensuplai fisik dalam kaitannya dengan sumber daya. Fungsi ini diawali dengan proses fotosintesis dan dikonversi menjadi energy dan menyediakan kebutuhan untuk manusia.

4) Fungsi informasi

Fungsi ini berkaitan dengan mandaat kepada manusia melalui kognitif, relaksasi, rekreasi, dan spiritual. Hal ini dapat berhubungan dengan menikmati secara langsung lingkungan alami me;alui keanekaragaman penting.

Jasa Ekosistem

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Financial Selengkapnya
Lihat Financial Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun