Mohon tunggu...
Andri Pratama Saputra
Andri Pratama Saputra Mohon Tunggu... Bankir - Seorang yang ingin selalu belajar dan saling berbagi pengetahuan

Seorang yang ingin selalu belajar dan saling berbagi pengetahuan #RI #BudayaReview

Selanjutnya

Tutup

Financial

Best Practice: Transformasi Ekonomi Digital di Negeri Anak Benua

26 September 2022   13:47 Diperbarui: 26 September 2022   21:26 108 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Sumber: cnnindonesia.com

Sama dengan Indonesia, India diberikan bonus demografi. Selain itu India memiliki posisi kuadran break out yang artian memiliki negara dengan nilai yang relative rendah tetapi akan berevolusi secara cepat dan berpotensi menjadi negara dengan ekonomi yang kuat.

1. Peran pemerintah

Adiningsih (2019) mengatakan pemerintah disana meluncurkan program digital government dengan program identitas biometric yang disebut Aadhaar. Aadhar memiliki 1 miliar pengguna lebih terhubung dengan dokumen penunjang dan digunakan untuk pembuatan lebih dari 300 juta akun bank murah serta menunjang keuangan inklusi. Kombinasi aadhaar ID, akun bank dan nomor yang terintegrasi menjadi basis untuk mobile payment dan subsidi.

Ekonomi digital di India memiliki pelatihan kuat di bagian STEM dan menghubungkan 90.996 desa melalui fiber optic, tahun 2017 menghubungkan 1.635 institusi pendidikan, mewujudkan literasi pendidikan 60 juta orang, menggunakan mobile app dalam membangun sistem pembayaran, micro ATM, dan merchant serta memberikan dana IN$ 12.290 juta untuk membantu startup.

2. Kontribusi ekonomi berbasis digital

Terdapat peningkatan world economid index forum yang berperingkat 91 tahun 2016 menjadi peringkat 40 dari 137 negara yang mengukur bagaimana technological readlines. Dalam kaitannya dengan potensi ekonomi digital, tahun 2017 memiliki e-commerce yang besar dengan penghasilan 14,5 T rupee atau meningkat 13 T rupee tahun 2015. 

Quartz dalam Adiningsih (2019) mengatakan India memiliki unicorn terbanyak setelah US dan RRC, contohnya perusahaan yang sukses adalah InMObi yang merupakan mobile analytics company, Flipkart menyaingi Amazon, dan Ola menyaingi Uber. India memiliki akses langsung ke konsumen yang besar, startup cost rencah dan berkemampuan menguji penerimaan besar yang baik.

3. Kebijakan pemerintah

Pemerintah India sangat mendukung dalam digitalisasi ekonomi dan berpotensi meningkatkan PDB 20-30% tahun 2025. Adapun kebijakan yang dikeluarkan adalah sebagai berikut:

a. Identitas digital

  • Program Aadhaar yaitu 12 digit angka unik berdasarkan geometric yang teregistrasi 1140 miliar tahun 2017. Penggunaan aadhaar untuk program inklusi keuangan dan membeikan kesempatan dalam digital payment dan transfer subsidi untuk memangkan korupsi subsidi.

b.  Infrastruktur digital

  • Program Bharanat menghubungkan 90.996 desa melalui fiber optic yang memiliki panjang 20 juta km dan bertujuan menghubungkan 250.000 desa. Selain itu, DigiLocker berfungsi sebagai tempat cloud untuk menyimpan dan membagikan dokumen elektronik lebih dari 5 juta pengguna. 
  • Demograsi digital, dengan MyGov adalah platform penghubung masyarakat dan pemerintah yang digunakan 5 juta pengguna dan masyarakat dapat berinteraksi dengan PM India dan dapat memantau Infografis pencapaian pemerintah.
  • Pembayaran digital, dengan Sistem pembayaran digital seperti: 1)Micro ATM AEPS dengan transaksi 240 juta tahun 2017, 2)merchant outlet dengan autensifikasi biometri tanpa HP yang mengelola 76 jt transaksi perbulan, 3)mobileapp yang diunduh lebih dari 20 juta pertransaksi.
  • Inklusi digital, dengan terdapat common services centres yang membangun kewirausahaan digital di desa dan membantu masyarakat pedalaman secara digital.
  • Literasi digital, pendidikan, dan keterampila, dengan Literasi digital untuk 60 juta orang melalui pelatihan PMGDISH. SWAYAM adalah pelatihan gratis yang menawarkan 2.000 kursus dari sekolah dasar hingga post graduated dan telah terdaftar lebih dari 20 juta siswa. Adapun yang dilatih adalah skill digital melalui National Institute of Electronics and Information Technology dan skill development melalui Electronic System and Design Manufacturing.
  • Kesehatan digital, Ada e-hospital dan e-sushrut untuk perekaman kesehatan secara elektronik yang terintegrasi online di 81 rumah sakit menggunakan aadhaar.
  • Ekonomi dan Industri Digital, dengan Nilai investasi luar negeri sebesar IN$ 5,9 m pada 2015-2016 terjadi peningkatan IT ekspor dari India dan terdapat pengembangan teknologi baru dari bantuan pemerintah sebesar IN$12,29 juta.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Financial Selengkapnya
Lihat Financial Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan