Mohon tunggu...
Andri Faisal
Andri Faisal Mohon Tunggu... Dosen - Dosen

Seorang dosen manajemen keuangan dan Statistik. Peminat Sastra dan suka menulis fiksi. Suka Menulis tentang keuangan dan unggas (ayam dan burung) http://uangdoku.blogspot.com http://backyardpen.blogspot.com

Selanjutnya

Tutup

Ekonomi

Apa Itu Pekerjaan Sampingan?

10 September 2015   22:13 Diperbarui: 10 September 2015   22:15 184 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Apa Itu Pekerjaan Sampingan?
Ekonomi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Caruizp

Mungkin zaman ini yang cukup berat karena nilai dollar tinggi melebihi 14000 rupiah.Katanya kalau presidennya si itu maka dollar akan naik lagi. Okelah kita memang sudah menghadapai relaita bahwa dollar naik artinya kita juga mengalami kesulitan.

Pengeluaran naik karena bahan pangan naik juga. Tagihan-tagihan air, listrik, gas juga naik.Kalau kita mempunyai usaha maka seluruh ebutuhan kita bisa kita penuhi dengan uang kita.Kalau tidak maka kita harus mencari cara untuk menghemat. Kalau tidakbisa menghemat maka kita bisa mencari sampingan.
Zaman sekarang sudah banyak yang mencari sampingan. Kalau seorang buruh mungkin mencari sampingan dengan berdagang. Mereka bisa menjual barang-barang dagangan. Kalau yang suka mengendari motor maka mereka juga turut serta dalam ojek online yang sedang marak. Konon katanya bisa mencapai jutaan.

Pekerjaan sampingan bisa diartikan pekerjaan yang lain dari pekerjaan utama.Pekerjaan ini dikerjakan setelah pekerjaan utama selesai. Cara ini emang bisa meningkatkan penghasilan terlebih jika perusahaan tempat bekerja tidak bisa menaikkan gaji.Kalau masalah penghasilan memang bervariasi kadang penghasilan sampingan ini hanya berkisar ratusan ribu atau bisa ratusan juta bergantung jenis pekerjaannya.

Kalaukita mau bekerja sampingan boleh-boleh saja sepanjang tidak menganggu pekerjaan utama kita.Kita juga harus memikirkan kemampuan kita karena kalau fisik tidak kuat maka kita tidak akan mampu mengerjakan seluruh pekerjaan baik yang utama maupun yang sampingan.

Dalam pekerjaan ini juga kita harus mencari pekerjaan yang mirip dengan pekeraan utama.Misalnya seorang dosen bisa menulis yang sesuia dengan keilmuannya jadi baik pekerjaan utamanya sebagai dosen malah semain baik dengan pengalamannya menulis yang banyak.

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
10 September 2015