Mohon tunggu...
Andre Lolong
Andre Lolong Mohon Tunggu... Insinyur - Follow me @andre_gemala

Husband of a caring wife, father of two, car enthusiast, motorsport freak, Life learner..

Selanjutnya

Tutup

Balap Artikel Utama

Nasser Al-Attiyah si Pangeran Gurun, Kembali Naik Podium Tertinggi di Dakar Rally 2022

16 Januari 2022   00:27 Diperbarui: 16 Januari 2022   08:03 1546
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Kemenangan Al-Attiyah dan Baumel di Dakar 2022 (dakar.com)

Dakar Rally 2022 resmi dimulai pada tanggal 1 Januari 2022 dan telah berlangsung dua minggu di Saudi Arabia. Inilah kali ke-44 Amaury Sport Organisation (ASO) menyelenggarakan World Rally Raid Championship, yang mana dulu pertama kali diadakan pada tahun 1978 dengan rute dari Paris, Prancis, hingga ke Dakar di Senegal. 

Maka itu dulu balap ini terkenal dengan nama "Paris-Dakar". Namun Sejak 2009 hingga 2019, rally ini diadakan di Amerika Selatan. Kemudian di 2020 hingga tahun ini di Arab Saudi.

Rally bergengsi ini terbuka untuk kelas amatir dan profesional. Kelas amatir biasanya mendominasi dengan sekitar delapan puluh persen dari seluruh peserta. 

Setiap peserta Dakar Rally kali ini menempuh rute ganas sepanjang 7.954 km yang terbagi dalam 13 stages dan 4.129 km Special Stages (SS) selama 14 hari dari Jeddah ke Ha'il, kemudian Riyadh hingga kembali ke Jeddah lagi. 

Sama seperti di 2021, rute tersebut meliputi 1 Prologue Stage, 12 Stages termasuk 2 Loop Stage dan 1 Marathon. Ada tujuh kelas yang diperlombakan yaitu Mobil, Motor, UTV (Utility Task Vehicle), Quad, Light Prototype, Open, dan Classic. 

Light Prototype (dakar.com)
Light Prototype (dakar.com)

KELAS MOBIL DIMENANGKAN NASSER AL-ATTIYAH 

Kelas mobil diikuti dengan kendaraan berbobot kurang dari 3.500 kg, yang dibagi menjadi beberapa kategori; Grup T1 yang lebih menyerupai Cross-Country Vehicle yang mengalami perubahan . 

T1 dibagi lagi menurut jenis mesin (bensin atau diesel) dan jenis penggerak (4WD atau 2WD). Kemudian Grup T2 terdiri dari Cross-Country vehicles, yang dibagi lagi menjadi kategori bensin dan diesel, sedangkan Grup T3 adalah untuk Light Vehicle.

ASO dan FIA (Fdration Internationale de l'Automobile) juga membidik Zero Carbon pada tahun 2030. Maka di Dakar Rally kali ini ada kategori T1-E yaitu mobil prototipe dengan sumber tenaga berupa motor listrik, biofuel dan hidrogen. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Balap Selengkapnya
Lihat Balap Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun