Mohon tunggu...
Andre Lolong
Andre Lolong Mohon Tunggu... Car enthusiast

Husband of a caring wife, father of two, Life learner

Selanjutnya

Tutup

Otomotif Artikel Utama

Roof Box dan Roof Rack, Fungsional atau Cuma Sekadar Tren?

13 November 2020   00:40 Diperbarui: 13 November 2020   02:03 99 12 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Roof Box dan Roof Rack, Fungsional atau Cuma Sekadar Tren?
gearpatrol.com

Kini tampak makin banyak mobil yang menggunakan Roof Box dan Roof Rack yang terpasang pada bagian atas mereka. Seiring dengan makin banyaknya kebutuhan manusia, dan makin canggihnya mobil-mobil terkini, maka manusia ingin mengemudi mobil mereka lebih jauh lagi, dengan membawa segala macam peralatan dan kebutuhan mereka. 

Bukan hanya SUV ataupun Station Wagon saja yang memasangkan Roof box maupun Roof rack pada bagian atasnya, namun para Sedan dan bahkan Sportscar juga kini banyak yang dipakaikan Roof Box.

Roof Rack adalah beberapa set batang yang terbuat dari aluminium ataupun besi yang terpasang diatas Roof Rail pada mobil (ini yang paling common di mobil jaman sekarang). 

Roof Rack ataupun Roof Box digunakan sebagai tempat untuk meletakkan barang. Roof Rack juga menyesuaikan dengan purpose nya yaitu ingin digunakan untuk mengangkut apa. Apakah itu keperluan Travelling, Sepeda, Surf Board ataupun peralatan Hiking

Bagi yang gemar Off Road juga dapat memasangkan Roof basket (terbuat dari Galvanis ataupun aluminium) sebagai tempat menyimpan Ban cadangan, Jerrycan, Hi-Lift jack dan digunakan sebagai dudukan Lampu Tambahan. Bagi yang ingin bertualang camping ke gunung juga dapat memasangkan Roof Tent yaitu Tenda compact (bisa isi dua hingga empat orang dewasa) yang dapat dibangun diatas Roof Rail.

Roof Rack untuk keperluan Off Road | summitracing.com
Roof Rack untuk keperluan Off Road | summitracing.com

Roof Rack untuk Sepeda | amazon.ca
Roof Rack untuk Sepeda | amazon.ca

Sementara Roof Box adalah sebuah Compartment yang bisa dibuka-tutup dan dipasangkan pada Roof Rail.

Desain Roof Box dibuat aerodinamis hingga cocok dipakai untuk Traveling dengan melewati highway dengan kecepatan sedang. Roof Box meningkatkan hambatan udara hingga meningkatkan konsumsi bahan bakar sampai 1%. Selain itu karena adanya angin yang masuk lewat celah antara Roof Box dan atap mobil maka berpotensi menambah suara.

Roof Box bisa diisi berbagai keperluan travelling | haprodakkoffers.nl
Roof Box bisa diisi berbagai keperluan travelling | haprodakkoffers.nl

Pada awalnya di sekitar tahun 1970-an, Roof rack didudukkan dengan cara menjepitkan keempat kaki pada Rain Gutter (talang air pada mobil jaman dulu).

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x