Mohon tunggu...
Andre Lolong
Andre Lolong Mohon Tunggu... Car enthusiast

Husband of a caring wife, father of two, Life learner

Selanjutnya

Tutup

Balap Artikel Utama

Balapan ke-1000 bagi Scuderia Ferrari di Mugello

13 September 2020   17:31 Diperbarui: 14 September 2020   14:01 117 12 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Balapan ke-1000 bagi Scuderia Ferrari di Mugello
SF1000 untuk menyambut tim Ferrari balapan F1 ke-1000 tahun ini | Scuderia Ferrari via gridoto.com

Selain peringatan 70 tahun kejuaran dunia Formula 1, ada moment yang tidak kalah spesial di tahun ini terutama bagi Scuderia Ferrari. Tuscan GP di Mugello hari Minggu tanggal 13 September 2020 akan menjadi Balapan ke-1000 bagi Team yang bermarkas di Maranello, Italy tersebut.

Terhitung sejak debut Ferrari di Monaco Grand Prix pada tahun 1950, Cavalino Rampante merupakan salah satu Tim Balap F1 tertua yang aktif mengikuti kejuaraan dunia single seater paling bergengsi ini. Lima belas gelar juara dunia pembalap dan enam belas gelar juara dunia constructor telah mereka kantongi. 

Dan Mugello hari ini mereka akan menyuguhkan aksi balapan terbaik mereka di depan para Tifosi -yang biarpun Cuma berjumlah sekitar dua ribu delapan ratus orang -- di Grandstand yang dahaganya akan kemenangan Ferrari harus segera dipuaskan.

Para Juara Formula 1 dengan Ferrari (Koleksi Pribadi-Olahan berbagai sumber)
Para Juara Formula 1 dengan Ferrari (Koleksi Pribadi-Olahan berbagai sumber)
Hari ini dengan mengendarai mobil teranyar mereka; SF1000 dengan engine Ferrari 065, inilah dua Superstar andalan Ferrari; Sebastian Vettel (nomor 5) dan Charles Leclerc (nomor 16). Vettel (32 tahun) yang berkebangsaan Jerman merupakan juara dunia sebanyak empat kali berturut turut yaitu 2010 s/d 2013. 

Namun prestasi-prestasi hebatnya tersebut saat ia masih Bersama Team Red Bull Racing. Vettel bergabung dengan Ferrari pada tahun 2015 dan hingga kini telah mempersembahkan empat belas kali juara seri, tapi masih nihil juara dunia. Ferrari sudah puasa juara dunia selama hampir tiga belas tahun, sejak terakhir di tahun 2007.

Charles Leclerc dan Sebastian Vettel (ferrari.com)
Charles Leclerc dan Sebastian Vettel (ferrari.com)
Sementara Leclerc (22 tahun) pembalap asal Perancis yang memulai debut nya di F1 pada tahun 2016 di Team Haas F1. Tahun berikutnya lanjut ke Sauber, kemudian Alfa Romeo dan duduk di cockpit Ferrari SF90 pada tahun 2019 lalu. 

Anak baru ini kemudian menampakkan taringnya di Bahrain GP 2019 dan naik podium untuk pertama kalinya di F1 sebagai juara tiga. Hingga juara satunya perdananya terjadi di Belgian GP dan hanya dua kali juara satu pada tahun 2019. 

Di tengah dominasi dua mobil Mercedes AMG F1 pada lima tahun terakhir, serta mulai naiknya performa mobil serta pembalap McLaren dan juga team papan tengah seperti Alphatauri, Renault dan Racing Point; Ferrari sulit bersaing khususnya di 2019 dan 2020. 

Namun kemenangan Leclerc di Monza 2019 seolah memberikan air segar pada para tifosi dan terutama bagi para Team karena pasalnya pembalap Ferrari yang menang di Monza terakhir kali sebelum itu adalah Fernando Alonso di tahun 2010.

Enzo Ferrari (motorwebmuseum.com)
Enzo Ferrari (motorwebmuseum.com)
Ferrari 125 (https://id.pinterest.com/andrelolong/)
Ferrari 125 (https://id.pinterest.com/andrelolong/)
Scuderia Ferrari merupakan Racing Division dari pabrikan mobil mewah Ferrari asal Italy. "Scuderia" dalam Bahasa Italy sebenarnya punya arti Stable (Stal Kuda). Ini karena Ferrari punya logo Kuda jingkrak ( The Prancing Horse ) atau yang dikenal dengan sebutan Cavalino Rampante. Namun kini "Scuderia" punya arti di perbendaharaan kata Bahasa Inggris sebagai Motorsport Team asal Italy. 

Enzo Ferrari, sang Maestro memulai kiprahnya dengan membuat mobil balap Tipo 815 yang punya konfigurasi mesin 8 silinder dengan displacement 1.5L, dan pertama kalinya memenangkan Formula One British Grand Prix pada tahun 1951. 

Sejak itu sudah 15 titel juara dunia pembalap dan 16 juara dunia konstruktor dikantonginya. Michael Schumacher berhasil juara dunia sebanyak lima kali Bersama Ferrari, yaitu berturut-turut tahun 2000 hingga 2004. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN