Mohon tunggu...
Andre Lolong
Andre Lolong Mohon Tunggu... Car enthusiast

Husband of a caring wife, father of two, Life learner

Selanjutnya

Tutup

Otomotif Pilihan

Tips Berkendara dengan aman di tengah Suasana Banjir

7 Januari 2020   02:09 Diperbarui: 23 Februari 2020   11:55 94 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Tips Berkendara dengan aman di tengah Suasana Banjir
images-5-5e139a88097f361af53fc4c2.jpeg

aa.com.tr
aa.com.tr
Saat ini di sebagian wilayah Indonesia tengah mengalami musim hujan. Seperti dari tahun ke tahun, musim hujan di negara tropis kita ini jatuh di kisaran akhir caturwulan ke-3 hingga akhir caturwulan ke-1 di tahun berikutnya. Namun di awal tahun 2020 ini kita cukup dikagetkan dengan hujan dan air kiriman yang menyebabkan beberapa kawasan mengalami banjir.

Banjir tentu saja menjadi masalah sangat besar bagi segala aktifitas, termasuk untuk mobilitas kita. Jalan yang tergenang air dengan ketinggian satu meter hingga lebih tidak akan bisa dilalui mobil berjenis Sedan, City car dan beberapa jenis MPV. 

Macet tak terhindarkan, banyak mobil ataupun motor bahkan tidak bisa maju dan terjebak, lebih parahnya bagi sebagian yang nekat melewati banjir malah tidak berhasil dan menyebabkan mobil atau motor mogok. 

Di beberapa kawasan di Jabodetabek, mobil-mobil terendam hingga kap mesin, bahkan hampir sampai atap mobil. Banyak juga mobil sampai hanyut terbawa arus.

Dalam artikel ini saya ingin berbagi beberapa safety tips untuk menghindari atau bahkan amit-amit jika memang harus menghadapi banjir, kita dan mobil kesayangan kita akan siap.

  MENGHINDARI BANJIR

1. Jangan remehkan peringatan berupa laporan BMKG dari media maupun teman.

2. Parkirlah di dataran tinggi

3. Bagi anda yang sedang dalam perjalanan dan terhadang banjir, lebih baik menepi lalu memutar dan cari jalan lain, biarpun macet. Daripada nekat terjang banjir dan gagal ditengah jalan. Akibatnya anda harus keluar dari kendaraan, mobil bisa hanyut terbawa arus. Kerusakan tentu akan lebih parah lagi.

researchgate.net
researchgate.net
MENGHADAPI BANJIR

Sebisa mungkin hindari masuk genangan air yang tinggi. Janganlah kita meremehkan kekuatan alam. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN