Sudah 1 tahun lebih pandemic covid – 19 melanda dunia termasuk Indonesia. Pandemi yang diperkirakan tidak akan usai dalam waktu dekat menimbulkan banyak kekhawatiran di berbagai bidang. Salah satu bidang yang terdampak dari adanya pandemic ini adalah bidang Pendidikan. Akibat pandemic ini , banyak sekolah – sekolah di Indonesia terpaksa mengadakan pembelajaran secara daring, hal ini dengan adanya himbauan dari pemerintah untuk mengadakan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Namun , akibat dari kegiatan pembelajaran jarak jauh ini adalah menurunnya kualitas budaya literasi siswa pelajar akibat dari minimnya pengawasan dari guru.
Literasi adalah istilah umum yang merujuk kepada seperangkat kemampuan dan keterampilan individu dalam membaca, menulis, berbicara, menghitung, dan memecahkan masalah pada tingkat keahlian tertentu yang diperlukan dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga, literasi tidak bisa dilepaskan dari kemampuan berbahasa. – Wikipedia
Adapun tujuan dari meningkatkan budaya literasi ini adalah sebagai berikut :
- Dengan literasi, tingkat pemahaman seseorang dalam mengambil kesimpulan dari informasi yang diterima menjadi lebih baik.
- Membantu orang berpikir secara kritis, dengan tidak mudah terlalu cepat bereaksi.
- Membantu meningkatkan pengetahuan masyarakat dengan cara membaca.
- Membantu menumbuhkan serta mengembangkan nilai budi pekerti yang baik dalam diri seseorang.
Sebagai upaya untuk meningkatkan pertumbuhan minat Literasi di Indonesia, Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) mengadakan program Kuliah Kerja Nyata (KKN) bersama Mahasiswa semester 7 dengan bertema kan "Mengembangkan Literasi (literasi baca dan tulis, numerasi, sains, digital, finansial, budaya dan kewargaan) dan Rekognisi Merdeka Belajar Kampus Merdeka-Pusat Prestasi Nasional."
Saya adalah salah satu dari mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia  yang sedang menjalankan kegiatan KKN yang berada di SD Istiqomah Bandung. Kegiatan KKN yang saya lakukan tentu saja untuk meningkatkan literasi dan minat baca siswa SD Istiqomah , Bandung. Ada berbagai macam literasi, diantaranya adalah literasi baca tulis, literasi numerasi, literasi sains, dan literasi digital. Dalam KKBI juga telas dijelaskan mengenai makna masing-masing literasi tersebut. Literasi baca tulis adalah kemampuan untuk memahami isi teks tertulis (tersurat maupun tersirat) serta kemampuan untuk menuangkan ide atau gagasan ke dalam tulisan. Sedangkan literasi numerasi adalah kemampuan untuk mengunakan angka dan simbol terkait dengan matematika dasar serta kemampuan untuk menganalisis informasi yang disampaikan dalam bentuk grafik, tabel, dan sebagainya.
Adapun kegiatan yang saya lakukan yaitu mengajarkan para siswa untuk selalu meningkatkan budaya literasi , pendampingan terhadap siswa bila ada kesulitan dalam memahami persoalan serta mengadakan perlombaan literasi yang diselenggarakan di SD Istiqomah yang tentunya diharapkan dapat menjadi wadah bagi para siswa SD Istiqomah dalam mengembangkan ilmu pengetahuan di bidang akademik, serta penyaluran minat dan bakat para siswanya di bidang non-akademik. Kegitatan yang diselenggarakan ini tentunya diikuti oleh siswa dari kelas 1-6 yang diselenggarakan secara virtual atau daring.
Bentuk kegiatan yang diselenggarakan dalam perlombaan literasi ini antara lain yaitu :
- Ngadongeng, bercerita dengan bahasa sunda
- Ngawanohkeun diri, memperkenalkan diri dengan bahasa sunda
- Pupuh, membaca puisi dengan bahasa sundaa
- Presentasi masakan sunda, mempresentasikan makanan khas budaya sunda
Mahasiswa KKN Tematik UPI 2021 ikut serta dalam kegiatan tersebut sebagai fasilitator dan panitia yang bekerja sama dengan Bapak/Ibu guru serta perangkat sekolah SD Istiqomah dalam menyukseskan acara perlombaan literasi ini dengan harap tentu saja tidak ada hambatan serta memaksimalkan tujuan untuk memberikan inovasi yang kreatif sehingga dapat meningkatkan minat dan menumbuhkan antusiasme peserta didik / siswa dalam mengikuti kegiatan tersebut.
Diharapkan juga oleh saya bahwa melalui kegiatan ini semoga dapat memberikan nilai positif dalam meningkatkan minat literasi dan menumbuhkan inovasi yang yang kreatif bagi peserta. Semoga kegiatan ini juga dapat diapresiasi dan diaplikasikan di seluruh instansi pendidikan formal di Jawa barat atau seluruh Indonesia.
Nama : Andre Hafizh Wachyudi
Kelompok : 49