Mohon tunggu...
Andreas Sitanggang
Andreas Sitanggang Mohon Tunggu... Mahasiswa

Mahasiswa

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Memahami Buku Soe Hok Gie "Zaman Peralihan"

2 Februari 2021   00:09 Diperbarui: 2 Februari 2021   00:18 110 0 0 Mohon Tunggu...

Terus terang saya belum pernah membaca seluruh tulisan Soe Hok Gie secara full.mulai dari catatan seorang demonstran,dibawah lentera merah,dan sekarang zaman peralihan.

Dari ke tiga buku Soe Hok Gie yang pernah Saya baca,saya sangat sangat tertarilk untuk memahami buku yang berjudul "Zaman Peralihan" ini.

Buku zaman peralihan ini adalah sebuah buku yang di edit oleh Stanly Aris Santoso dan di antar oleh Dr.Kontowijoyo.Buku yang berisi pemikiran aktivis muda yang bernama"Soe Hok Gie".

Kumpulan tulisan Soe Hok Gie yang tersaji dalam buku ini,berisi tentang keluasan wawasan dan keanekaragaman bidang perhatianya.

Buku yang di bagi kedalam 4(empat) bagian,yaitu:masalah kebangsaan,masalah kemahasiswaan,masalah kemanusiaan dan catatan turis terpelajar.Yang terdiri dari 313 halaman.

Masalah kebangsaan adalah awal dari isi buku Zaman Peralihan ini.Masalah yang dimulai dengan terjadinya kudeta dari PKI.Yang menyebabkan pembasmian terhadap PKI dari seluruh elemen masyarakat Indonesia.

PKI dapat membuat resah masyarakat,yang bersumber dari kekacauan para pemimpin negara.Dimana kenaikan haraga pangan melonjak naik,dan peraturan yang di kelurkan di anggap merugikan masyarakat Indonesia pada saat itu.

Sehingga terjadilah demonstran besar besaran gelombang satu.Untuk memprotes kenaikan haraga dan meminta peraturan tadi di tinjau kembali.

Perjuangan yang terus di lontarkan dan kumandangkan,dengan tujuan pembaharuan Negeri.Semua tentang perlawanan atau perjuangan untuk nigeri dibcatat mulai dari halaman 1-115 .

Kemudian masuk dalam masalah kemahasiswaan di Indonesia,yang di catat mulai dari halaman 125-181.

Semua membahas tentang hak dan kewajiban para mahasiswa indonesia.Mulai dari Mahasiswa-mahasiwa Universitas paking mengamuk,mimpi mimpi akhir mahasiswa tua,siapakah saya,kemudian hak untuk tidak menjawab sampai dengan dosen-dosen juga perlu di kontrol.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x