Mohon tunggu...
Andreas Rio pamungkas
Andreas Rio pamungkas Mohon Tunggu... Guru - Penulis, Pendidik, Jurnalis

Belajar, bertumbuh dan berkembang

Selanjutnya

Tutup

Puisi Pilihan

Filosofi Puisi

3 April 2021   16:50 Diperbarui: 3 April 2021   17:02 259
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Puisi. Sumber ilustrasi: PEXELS/icon0.com

Ketika engkau sibuk dengan segala teori
Aku sibuk menyusun hati
Ketika engkau sibuk dengan logika
Aku sibuk mengenai rasa
Ketika engkau sibuk menerjemahkan
Aku sibuk untuk menciptakan
Ketika engkau sibuk menghafalkan
Aku sibuk untuk mempertunjukan

Ini aku jiwa sastra yang menyebrang
Bukan aku untuk menentang
Tapi aku hanya menyimpulkan
Bahwa sastra tercipta dan terlahir dari tindakan
Yang dituangkan dalam tulisan
Untuk dijadikan pembelajaran

Sastra yang baik bukan lah ajang cerita yang dituangkan seperti curhat
Tapi sastra yang baik sastra yang memiliki pesan nasihat

Maaf ini hanya penyampaian ku dibidang ilusi
Mungkin baris baris kata kata ku ini seperti puisi
Karana aku berbicara dengan imajinasi
Bukan lah sekedar hanya teori
Ya semoga pada dasarnya ini hanya penyampaian
Tolong dipahami dan dimaknai
Agar tidak menjadi kekeliruan pada diri kita sendiri

Karna sastra bukanlah ajang untuk pamer intelgensi tapi sastra ditunjukan untuk ajang apresiasi

Sastra bukan lah ajang untuk ber-argumentasi
Tapi Sastra tercipta untuk menunjukan sebuah opini
melewati lika liku ruang dimensi
Ya memang pada dasarnya sastra tercipta sebagai alat pengetesan hati

-Andreas Rio Pamungkas

Mohon tunggu...

Lihat Konten Puisi Selengkapnya
Lihat Puisi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun