Andre Jayaprana
Andre Jayaprana lifelong learner

seeks first to undertand

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Persediaan Obat BPJS Kosong, Ambil Obat Bolak-balik di RS PELNI

11 Maret 2018   18:53 Diperbarui: 11 Maret 2018   19:25 464 0 0
Persediaan Obat BPJS Kosong, Ambil Obat Bolak-balik di RS PELNI
BPJS Kesehatan - RS Pelni, dokumentasi pribadi

Dalam rentang waktu empat bulan terakhir setidaknya sudah dua kali kejadian dalam waktu berbeda kami harus bolak-balik hingga dua kali berturut-turut ke apotek di RS PELNI Petamburan, Jakarta Barat untuk mengambil obat yang diresepkan dokter untuk orang tua dengan memakai fasilitas BPJS.

Sulit membayangkan jika terpaksa orang tua sendiri yang harus bolak-balik mengantre obat yang persediaannya sering kosong tersebut. Selain karena antre yang panjang untuk dapat menikmati fasilitas BPJS, faktor usia jelas akan mempengaruhi daya tahan orang tua hanya untuk sekadar memperoleh obat BPJS tersebut.

Seorang sahabat dokter sering menyampaikan kepada pasiennya, untuk obat yang tidak terlalu mahal lebih baik beli sendiri saja dari pada memakai ongkos taksi pulang pergi ke rumah sakit dan harus antre dari pagi. Memang, pada akhirnya banyak yang berpikir demikian. Apakah kemudian ini menjadi keuntungan bagi BPJS Kesehatan? Bagaimana cara BPJS Kesehatan dan manajemen rumah sakit dapat meningkatkan pelayanan dan ketersediaan obat?

Screenshot pressreader.com
Screenshot pressreader.com
Di RS PELNI sendiri, dulu tahun 2016 pernah ada yang bertanya kepada petugas apotek di RS PELNI tentang obat yang tidak tersedia dan dijawab bahwa itu adalah masalah dari BPJS Kesehatan. Beberapa artikel online tentang keluhan persediaan obat kosong di rumah sakit lainnya juga mengacu kepada masalah dari BPJS Kesehatan. Empat tahun sejak sistem BPJS diberlakukan, rupanya masih banyak sekali pekerjaan rumah yang harus diselesaikan.