Mohon tunggu...
Andoko Akbar Nugroho
Andoko Akbar Nugroho Mohon Tunggu... Mahasiswa - Simpel

Plesiran adalah cara termudah untuk belajar

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

Mencerdaskan Masyarakat Melalui Baca Buku Gratis

27 September 2021   19:30 Diperbarui: 27 September 2021   19:50 81 6 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Komunitas Lapak Literasi Cikarang (LLS) menggelar baca buku di perumahan Gramapuri Persada Sukajaya Kecamatan Cibitung Kabupaten Bekasi (26/09/21). 

Kegiatan tersebut dilakukan secara rutin setiap hari Minggu mulai jam 6 hingga pukul 10 pagi. Acara itu diselenggarakan atas dasar menumbuhkan minat baca masyarakat secara gratis.

Pendiri komunitas LLS bernama Ahmad Isropi melihat antusias anak-anak masih tinggi terhadap minat baca dikawasan tersebut. 

Terbukti dari beberapa anak sudah hadir untuk membaca komik dan mewarnai saat aksi ngelapak buku baru digelar. Rasa penasan boca disana sangat senang ketika dijejali buku komik dan ditawari mewarnai secara gratis.

"Sekarang lebih baik dari sebelumnya, baru mulai ngelapak mereka (bocah) sudah menyambut. Pertama kali saya harus menawarkan kertas bergambar kartun untuk diwarnai. pas saya bilang gratis, mereka langsung menyerbu" ujar Ahmad Isropi anak rantau asal Indramayu berusia 28 tahun tersebut.

Opi sapaan akrabnya menuturkan, bahwa setiap kegiatan ngelapak ia membawa kurang lebih 50-60 buku yang terdiri dari bacaan dongeng, komik, bovel, dan alat mewarnai. 

Serta menggunakan alas duduk berukuran tiga meter. juga memggunakan tas persegi berukuran 50 cm berwarna hitam dibawanya dari kontrakan sampai ke lokasi.

Dokpri
Dokpri

"Jadi saya membawa sekitar 60 buku, 60% bacaan untuk anak PAUD hingga SD dan 30% novel dan buku untuk usia remaja keatas. Selebihnya kertas bergambar tanpa warna aja sih. Saya pakai sepedah motor dan alasnya terpal aja, alat angkutnya pakai ransel" imbuhnya.

Tak jarang banyak pula orang tua hadir sekedar menemani mewarnai ataupun membacakan cerita rakyat kepada sang buah hatinya. Semuanya sudah disediakan mulai dari pensil warna, crayon, dan selembar gambar.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...
Lihat Konten Edukasi Selengkapnya
Lihat Edukasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan