Mohon tunggu...
Andi Wi
Andi Wi Mohon Tunggu... Penulis - Hai, salam!

Bermukim di Cilongok - Banyumas - Jawa Tengah. Kamu bisa mulai curigai saya melalui surel: andozshort@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Puisi Pilihan

Puisi | Apakah Kebahagiaan Itu Ada atau Tidak?

13 Juni 2018   09:26 Diperbarui: 13 Juni 2018   09:35 537
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi: dokumen pribadi/andiwi

Saat itu aku bertanya: apa kau bahagia bersamaku?

Kau tak segera menjawab. Aneh, kau malah mementingkan menghela napasmu. Namun itu membuatku paham. Barangkali kau hanya sulit membayangkan kata-kata itu keluar begitu saja dari dalam mulutku. Seperti bersin. Seperti flu.  

Lantas gantian kau yang bertanya: Apa aku percaya kebahagiaan itu ada?

Kali ini giliranku yang menarik napas. Tak tahu mesti lekas menjawabnya atau tidak.

Aku punya gagasan buruk tentang masa depan di hadapanku, dan masa lalu di belakang aku hidup. Kau tahu itu.

Saat-saat tak sengaja menatap burung-burung di angkasa, jiwaku ikut terbang bersama mereka.

Saat-saat tiba dengan gelisah sebuah gayung berisi air dingin menyiram ubun-ubun kepalaku pagi hari, aku dapat merasakan seluruh tubuhku ikut membeku bersamanya.

Saat-saat menyaksikan bus kota berderak kencang, seolah menghampiriku, suara mesinnya berdebar hebat di dadaku, aku bahkan punya keinginan kuat menabrakkan diri di antaranya.

Kita punya kulit setipis kabut di siang hari. Dan andai seekor anjing menginginkannya kita tak punya kekuatan untuk menolaknya.

Kita punya kepala sekeras batu kali tapi tak pernah cukup kuat untuk dibenturkan berkali-kali dengan kesetiaan nasib buruk dan kesedihan, yang menyertainya seperti rombongan pelayat.

Lantas, haruskah kau bertanya apakah aku percaya kebahagiaan itu ada atau "tidak"?

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Puisi Selengkapnya
Lihat Puisi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun