Mohon tunggu...
Andita Silvia Arini
Andita Silvia Arini Mohon Tunggu... Mahasiswa

Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini UNS

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

KKN Covid-19 UNS: Meningkatkan Kesadaran Masyarakat dalam Menaati Protokol Kesehatan di Kala Pandemi

3 Agustus 2020   16:44 Diperbarui: 3 Agustus 2020   16:52 30 1 0 Mohon Tunggu...

SURAKARTA -- Sejak adanya kasus Covid-19 di Indonesia tepatnya tanggal 2 Maret 2020 menyebabkan berbagai persoalan, baik dibidang pendidikan, ekonomi, dan sosial yang membuat seluruh kegiatan tatap muka harus dilakukan secara daring (online). Sebelum berita ini diterbitkan tercatat ada 111.000 pasien positif, 68.975 sembuh, dan 5.236 meninggal dunia. Oleh karena itu pemerintah harus mengeluarkan kebijakan untuk menghentikan penyebaran Covid-19.

Salah satu kegiatan yang terkena dampak Covid-19 adalah kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang dilaksanakan oleh Universitas Sebelas Maret (UNS). KKN tahun ini dilaksanakan berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Kali ini dilakukan secara individu di daerahnya masing-masing dengan tujuan membantu menghentikan penyebaran Covid-19.

Mahasiswa yang menjalankan kegiatan KKN Covid-19 ini adalah Andita Silvia Arini dengan NIM K8117004 (21 th) dari program studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini FKIP UNS. Mahasiswa yang kerap dipanggil Via ini adalah salah satu mahasiswa bimbingan Ibu Setyowati, S.P., M.P. yang melakukan Kuliah Kerja Nyata di Kentingan Wetan, RT 04/ RW 36 Jebres, Surakarta. Pelaksanaannya pada tanggal 2 Juni - 17 Juli 2020 dengan tema Pendidikan Selama Covid-19.

dokpri
dokpri
Program kerja yang dilakukan oleh Via adalah menumbuhkan kesadaran masyarakat RT 04 Kentingan dengan cara membagikan masker dan sosialisasi penggunaan masker yang diupload di Youtube lalu disebarkan kepada masyarakat, melakukan pendampingan belajar untuk anak usia dini dan SD selama 6 kali, membuat video kreativitas untuk anak usia dini lalu diupload Youtube dan disebarkan kepada masyarakat, memberdayakan masyarakat dengan cara membagikan tanaman obat kepada masyarakat Kentingan Wetan, RT 04/ RW 36 Jebres, Surakarta.

Karena kurangnya kesadaran masyarakat mengenai bahaya Covid-19, menaati protokol kesehatan, menjaga social distancing, menggunakan masker saat keluar rumah, serta mencuci tangan menggunakan sabun membuat Via tergerak untuk membuat poster yang dibagikan secara online maupun offline. Tidak lupa pula Via mengajarkan cara mencuci tangan yang benar menurut WHO lalu diupload di Youtube.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x