Mohon tunggu...
Andita Cahyani
Andita Cahyani Mohon Tunggu... Lainnya - Bissmillah Bisa

Allhamdulillah

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Evaluasi Pembelajaran AUD

3 November 2021   09:29 Diperbarui: 3 November 2021   09:39 139
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Pentingnya Pendidikan anak usia dini apalagi di zaman sekarang, karena semakin bertumbuh berkembangnya seseorang dan berkembangnya teknologi pula maka akan semakin banyak cara untuk bisa memahami pembelajaran lewat media apapun, dan akan muncul lebih banyak media agar seseorang bisa mempelajari nya. Dan inilah pentingnya untuk memberi Pendidikan pada anak sedini mungkin untuk menghindari hal -- hal yang tidak diinginkan, seperti halnya bermain gadget, sebagai orang tua maupun guru harus pintar -- pintar untuk memilah memilih mana hal yang memang harus dipelajari anak seusia mereka.

Pembelajaran anak usia dini sangat penting untuk pembentukan kemampuan dan wawasan anak terhadap hal baru yang akan dilihat suatu saat nanti dan menjadi bekal juga untuk anak usia dini. Peranan guru disekolah bukan semata -- mata hanya untuk memberikan informasi pada anak, melainkan memberi fasilitas dan penanganan yang terbaik, karena di usia dini mereka akan cepat tanggap dan selalu ingin mencari tahu tentang apa yang mereka lihat dan rasakan. Dan setiap pembelajaran ataupun Pendidikan itu memperlukan evaluasi atau bisa juga disebut dengan kumpulan data perkembangan kemampuan anak selama masa pembelajaran.

Lalu sekarang kita bicara tentang Teknik evaluasi pembelajaran, yang mana juga tidak terlepas dari evaluasi pembelajaran itu sendiri. Ada dua macam jenis Teknik untuk melakukan proses evaluasi tersebut, yaitu; tes dan non tes.

1. Teknik Tes

Teknik tes ini termasuk dalam salah satu Teknik untuk evaluasi pembelajaran anak usia dini. Teknik tes adalah salah satu penugasan yang akan dikerjakan siswa siswi untuk bisa mendapatkan nilai yang sudah ditentukan atau menurut standart yang telah dibuat. Dan Teknik tes ini dibuat bertujuan untuk guru bisa melihat tingkat pencapaian kemampuan anak didiknya, maka dilakukan dengan diberi pertanyaan atau Latihan soal agar bisa mendapatkan jawaban untuk kemampuan itu.

2. Teknik Non Tes

Yang dimaksudkan disini adalah penilaian atau proses evaluasi tanpa menguji peserta didik. Ada beberapa cara untuk mengetahui hasil evaluasi melalui Teknik non tes ini, sebagai berikut;

  • Pengamatan (observasi)

Yaitu dengan cara meneliti secara cermat dan sistematis. Maka Teknik pengamatan ini lebih meneliti dengan sikap dan tingkah laku anak. dalam evaluasi pembelajaran, observasi ini dapat digunakan untuk menilai proses belajar peserta didik melalui kepribadian dan tingkah laku nya saat guru sedang menjelaskaan materi, berbicara Bersama temannya, menghormati orang yang lebih tua darinya, atau saat istirahat maupun jam kosong.

  • Wawancara

Wawancara ini adalah proses penilaian yang dilakukan dengan percakapan, ada dua macam wawancara, yaitu wawancara langsung yang dimana si pewawancara bertanya langsung pada siswa yang dituju tanpa perantara apapun, sedangkan wawancara tidak langsung adalah wawancara yang dilakukan dengan perantara atau menggunakan media. Kegiatan wawancara ini bertujuan untuk memperoleh hasil evaluasi di saat waktu tertentu.

  • Skala sikap (Attitude scale)

Sikap adalah suatu tingkah laku untuk berbuat sesuatu dengan cara, metode atau bahkan Teknik pada lingkungan sekitar atau bahkan orang -- orang tertentu. Untuk mengukur sikap, guru sebaiknya memperhatikan aspek kognisi, afeksi dan juga konasi.

  • Daftar Cek

Daftar cek adalah suatu catatan yang berisi daftar aspek apa saja yang akan diamati nantinya, untuk mengamati hal sekecil apapun yang dilakukan oleh siswa. Lalu guru tinggal memberi centang pada daftar aspek tersebut dengan nilai yang sesuai.

  • Angket

Teknik angket ini hamper sama dengan wawancara, kecuali dalam implementasinya. Jika angket dilakukan dengan cara menulis, sedangkan wawancara dilakukan dengan cara melalui lisan.

Jadi ada dua macam Teknik dalam evaluasi pembelajaran anak usia dini. Baik Teknik tes maupun Teknik non tes itu akan menghasilkan nilai yang sama untuk penilaian terhadap aspek masing -- masing.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun