Mohon tunggu...
Andi Siti Nurhaliza Syahrul
Andi Siti Nurhaliza Syahrul Mohon Tunggu... Pelajar

Andi Siti Nurhaliza Syahrul - 05 - XI Mipa 1 SMA Negeri 28 Jakarta

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Ikuti 4 Tips Ini Agar Kamu Yakin dan Tidak Salah Dalam Memilih Jurusan

3 Agustus 2020   18:00 Diperbarui: 3 Agustus 2020   18:00 36 3 0 Mohon Tunggu...

Siapa disini yang masih bingung memilih jurusan untuk berkuliah nanti? Kebanyakan dari lulusan SMA akan melanjutkan pendidikan mereka ke perguruan tinggi baik negeri maupun swasta. Jangan sampai kamu baru menemukan jurusan yang kamu inginkan saat detik-detik menjelang kelulusan kamu di SMA/SMK.  Pilihlah jurusan yang kamu inginkan dari jauh-jauh hari.

Ada sekitar 200 Jurusan Kuliah di Indonesia, karena banyak sekali jurusan kuliah baik di rumpun ilmu Saintek maupun Soshum itu memang menandakan bahwa banyak calon mahasiswa yang tidak yakin dan bingung menentukan jurusan mereka.

Kamu tau tidak bahwa 87% mahasiswa mengaku salah dalam memilih jurusan kuliah mereka. Padahal, jurusan kuliah yang kita pilih itu akan sangat menentukan bagi karir kita setelah menyelesaikan perkuliahan. Penentuan jurusan kuliah juga berpengaruh pada keseriusan calon mahasiswa dalam menjalani tugas-tugas mereka di kuliah.

Aku sendiri sudah dapat menentukan jurusan kuliahku nanti, lho. Walaupun aku baru duduk di bangku kelas 11 SMA, aku telah menemukan jurusan yang menurutku tepat semenjak aku kelas 9 SMP, mau tau alasan aku dapat memilih jurusan tanpa ragu-ragu dan menjadikan tujuan hidupku kedepannya, Ikuti 4 Tips Ini Agar Kamu Yakin dan Tidak Salah Dalam Memilih Jurusan :

1. KENALI MINAT, BAKAT DAN POTENSI DIRI

Memilih jurusan kuliah yang sesuai dengan minat dan potensi diri membuat kamu menjalani dunia perkuliahan dengan senang dan tidak terasa terbebankan karena kamu sendiri tertarik menjalaninya.

Kamu bisa mengikuti Tes Minat Bakat atau Tes Kepribadiaan untuk membantu kamu mengenali minat, bakat, karakter, kelebihan dan kekurangan dirimu. Meski tidak 100% efektif, tes tersebut dapat kamu jadikan sebagai referensi untuk menentukan jurusan kuliah kamu nanti. Selain itu, tes tersebut dapat menunjukkan ketertarikan, bidang karir hingga gaya bekerja yang cocok untuk kamu.

Tidak perlu membayar mahal-mahal, cukup dengan melalui Mobile Phone kamu sudah dapat mengikuti tes tersebut dengan online dan free alias gratis di internet.

2. LAKUKAN RISET DAN PELUANG KARIR JURUSAN

Setelah kamu mengenali minat, bakat dan potensi diri kamu, selanjutnya membuat daftar beberapa jurusan yang sesuai dengan minat dan kemampuanmu. Setelah membuat daftar jurusan lakukan riset tentang profil dan akreditasi jurusan tersebut.

Disamping mencari tentang profil jurusan itu sendiri, kamu juga harus mencari tau universitas yang terdapat jurusan yang kamu inginkan dan lihatlah kualitas atau akreditasi universitas tersebut. Pastikan memilih universitas yang membantu memfasilitasi kegiatan perkuliahanmu.

Selain itu kamu juga perlu mempertimbangkan peluang karir pekerjaan setelah lulus dari jurusan tersebut dan penghasilan yang terjamin apabila kamu memilih jurusan itu. Kamu bisa melakukan riset tersebut melalui internet maupun berkonsultasi kepada kerabat yang berpengalaman dan paham terhadap jurusan itu.

3. PERHATIKAN BIAYA KULIAH DAN BICARAKAN KEPADA ORANG TUA

Setiap jurusan memiliki biaya pendidikan yang berbeda. Kamu harus memperhatikan biaya kuliah yang harus kamu keluarkan, dari semester pertama hingga sidang skipsi selesai. Apabila kekurangan biaya itu hanya akan menyulitkan perkuliahanmu.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x