Mohon tunggu...
Andi Sinaga
Andi Sinaga Mohon Tunggu...

interest in technology, gadget, sport and travel

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Tips Gambar Menawan Untuk Fotografer Pemula

5 Desember 2011   10:34 Diperbarui: 25 Juni 2015   22:48 5114 0 0 Mohon Tunggu...

url: http://see-this-world.blogspot.com/2011/12/tips-gambar-menawan-untuk-fotografi.html Tips ini saya buat untuk kalian yang menyukai hobbi berfotografi, dan tips ini adalah tips bagi para fotografer pemula. Sebenarnya semua objek itu indah dan menawan, tergantung bagaimana cara kita membuatnya menjadi indah di kamera. Nah, ingin tahu bagaimana caranya agar gambar yang kita jepret terlihat tampak indah, berikut ini adalah tipsnya: Yang pertama adalah minat. Hal pertama yang dibutuhkan oleh seseorang untuk bisa terjun kedunia fotografer adalah minat. Yang pertama harus ditumbuhkan dalam diri kalian adalaj minat. Kalau kalian sudah minat, maka kalian akan lebih gampang memasuki dunia fotografi.

Tips yang kedua adalah sering hunting atau sering jepret. Seperti pepatah mengatakan, “more practice, more perfect”. Jadi fotografi itu intinya adalah soal kebiasaan, semakin sering kita menjepret makin baik pula gambar kita. Sebaiknya sering-sering untuk memotret karena ini akan mengasah kelihaian kita baik dalam mengeksekusi gambar maupun penguasan kamera. Semakin seseorang sering memotret, maka ia akan semakin pintar belajar. Jangan menjadikan fotografi itu sesuatu yang tidak dilatih, karena seseorang tidak akan cepat belajar jika ia hanya melakukannya sesekali.
Tips yang ketiga yaitu Komposisi. Mungkin tips yang satu ini agak susah jika kalian belum mempunyai cukup jam terbang memotret. Gambar yang indah bisa juga dihasilkan dari objek yang standar, contohnya gambar diatas. Gambar kedua mungkin objeknya biasa-biasa saja, yaitu hanya sebuah deretan kursi penonton distadion, tapi jika kita bisa melihat komposisi dari mata fotografi, maka objek yang standar bisa menjadi indah dan enak dipandang. Memang banyak teori mengenai komposisi didalamnya, tapi jika disederhanakan maka kompisisi itu akan menghasilkan foto yang terasa enak dilihat.
Tips yang keempat adalah pencahayaan. Jika kalian melakukan penjepretan diluar atau outdoor maka kalian tidak bisa meminta kepada matahari untuk menerangkan atau meredupkan cahayanya, berbeda jika kalian mengambil gambar indoor atau distudio. Oleh sebab itu sangatlah penting untuk memperhatikan arah cahaya yang datang, karena sudut cahaya yang berbeda, maka akan menghasilkan efek yang berbeda pula. Sebaiknya kalian mengambil foto pada kondisi cahaya pagi hari atau siang hari, karena matahari masih berada diposisi yang tidak terlalu tinggi sehingga cahaya yang dihasilkan tidak over.
Tips yang selanjutnya adalah cermati objeknya. Sebelum diambil gambar, pertama-tama kita harus mempelajari dahulu objek kita, bagian manakah yang bagus untuk ditonjolkan keindahannya. Selain itu, dengan mempelajari objek kita terlebih dahulu, maka kita bisa mengetahui apakah objek itu bagus difoto dari jarak dekat atau jauh, dari kanan atau kiri, dan dengan senyum atau tidak. Nah itulah tadi tips mendapatkan gambar yang indah untuk para forografer pemula. Jika kalian sudah bisa menguasai tips-tips tadi, diharapkan kalian sudah bisa menghasilkan foto yang bagus. Sumber Gambar: http://fotografer.nyebel.in/wp-content/themes/fotofolio/scripts/timthumb.php?src=http://fotografer.nyebel.in/wp-content/uploads/2011/03/bob.jpg&w=480&h=275&zc=1 http://inspiraphotoclub.net/event/7_58.jpg http://www.photographyabdu.com/tips-and-tutorial-photography-backlight-art-digital-photography/ http://madewira.com/files/photo_dewi_01-460x306.jpg http://beritadaerah.com/admin/images/TRAVEL/MARET%202011/KUMKUM-3.JPG Sumber URL: http://see-this-world.blogspot.com/2011/12/tips-gambar-menawan-untuk-fotografi.html

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x