Mohon tunggu...
Andi R Rumbiak
Andi R Rumbiak Mohon Tunggu... Tertarik dengan isu sosial dan kebudayaan

Mengabdi di Papua

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Artikel Utama

Sepenggal Kisah dari Asmat: Legenda Fumeripits hingga Hilangnya Michael Rockefeller

15 Juli 2020   19:28 Diperbarui: 13 Agustus 2020   13:30 1189 38 14 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Sepenggal Kisah dari Asmat: Legenda Fumeripits hingga Hilangnya Michael Rockefeller
Menjelang pagi di Kota Agats (Dokumen Pribadi)

Tulisan ini adalah kisah perjalanan yang saya lakukan medio Juni 2008 silam di wilayah Asmat. Sebuah perjalanan panjang menyusuri sungai-sungai di pedalaman Selatan Papua. Melintasi tempat-tempat eksotik dan ragam kultur yang berbeda.

Walaupun ada beragam kisah menarik lain sepanjang perjalanan yang ingin saya bagikan kepada teman-teman, tetapi terlebih dulu akan saya bagikan ceritakan mengenai suku Asmat. Salah satu suku bangsa yang mungkin telah cukup akrab ditelinga sebagian besar orang.

Asamat "Kami manusia sejati" itulah sebutan orang Asmat terhadap dirinya, salah satu penyintas sejati yang menghuni rimba raya dataran berawa pedaman bagian Selatan Papua. Selain terkenal dengan ukiran-ukiran kayu yang cukup diminati hingga ke manca negara, mereka juga memiliki berbagai macam tradisi yang menarik untuk di telisik.

Asamat dan Legenda Fumeripits

Fumeripits merupakan tokoh sentral dalam kebudayaan Asmat. Kisah-kisahnya diceritakan turun-temurun dalam setiap generasi.

Fumeripits menjadi ilham dalam setiap upacara-upacara yang dilakukan, bahkan sering kali tampak dalam ornamen-ornamen ukiran kayu yang di hasilkan oleh para pemahat Asmat. Ceritera mitologi tidak hanya sekedar dongeng pengantar tidur, namun merasuk dalam kepercayaan asli demi menjembatani mereka yang hidup dan dunia orang mati.

Orang Asmat meyakini dunianya dipenuhi dengan roh-roh yang beraneka ragam. Bahkan benda-benda mati pun memiliki kekuatan gaib yang dapat mempengaruhi dunia nyata. 

Keberadaan mitos bukanlah hal yang asing bagi dunia Asmat. Mitos dalam dunia Asmat dikenal sebagai Ji-Atakam. Gabungan dari dua suku kata, Ji berarti Kisah (hikayat) dan Atakam berarti bahasa (menuturkan)

Dalam mitos penciptaan, kehadiran Orang Asmat dimulai dari legenda Fumeripits.

Legenda Fumiripits merupakan salah satu bagian dari tiga sistem keyakinan Orang Asmat, yaitu; dunia bawah, Ow Capinmi atau dunia alam nyata kehidupan manusia. Dunia tengah, Dompu Ow Capinmi atau dunia antara, dunia persinggahan orang-orang yang telah meninggal tetapi belum mencapai Safan dan terakhir adalah dunia Safan atau dunia atas, tempat peristirahatan yang kekal

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
  8. 8
  9. 9
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x