Mohon tunggu...
Andi Rahmanto
Andi Rahmanto Mohon Tunggu...

Hanya seorang anak manusia yang ingin hidup bahagia dengan caranya sendiri. email: andirahmanto2807@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Wisata Pilihan

Mengapa Memilih Kain Tapis Lampung?

4 Maret 2017   14:58 Diperbarui: 4 Maret 2017   15:16 990 0 0 Mohon Tunggu...

Mengapa Anda harus memilih kain tapis Lampung?

Pertama. Kain tapis merupakan kain tenun etnik Lampung. Kekhasan etnik Lampung inilah yang menjadikan kain tapis memiliki corak, motif, dan pernak-pernik khusus yang tidak akan Anda temui pada produk kerajinan kain lainnya.

Kedua. Kain tapis dibuat dengan mempertahankan cara pembuatan tradisional, sehingga kain tapis dibuat dengan tingkat ketelitian tinggi. Metode ini akan menghasilkan produk kain tapis yang sangat rapi dan awet hingga bertahun-tahun.

Ketiga. Sebagai hasil kebudayaan nasional, maka sudah seharusnya kita turut melestarikan dan memperkenalkan keberadaan tapis di Indonesia maupun dunia. Oleh karenanya, memiliki tapis sudah seharusnya menjadi sebuah kebanggaan dan penghargaan terhadap hasil karya adiluhung warisan nenek moyang bangsa Indonesia.

Keempat. Motif kain tapis dikenal sangat indah karena dibuat dengan metode sulaman tangan. Motifnya pun dirangkai dari benang emas atau perak dengan kualitas terbaik. Perpaduan metode sulaman tangan dan bahan benang emas menjadikan motif tapis sebagai salah satu produk kerajinan yang terumit untuk dibuat. Namun kerumitan itu sepadan dengan hasil motif yang terlihat sangat indah, unik, mewah, dan elegan.

Kelima. Karena motif tapis dibuat dengan tingkat kesulitan dan kerumitan yang tinggi, maka produk ini hanya bisa diproduksi dengan sentuhan pengrajin profesional dan hampir mustahil untuk diduplikasi (ditiru) massal dengan pembuatan mesin. Maka tidak heran jika tapis memiliki nilai ekonomis yang cukup tinggi dan menjadikan kain tapis memberi kesan prestise tersendiri bagi orang yang mengoleksinya.

Keenam. Corak kain tenun tapis yang memiliki aneka warna dan perpaduan motif tapis dari sulaman benang emas akan semakin memperindah suasana dalam ruangan Anda.

Ketujuh. Untuk menghasilkan sebuah kain tapis dengan motif dari benang emas yang dibuat dengan sulam tangan, setidaknya dibutuhkan waktu sedikitnya 2 bulan. Kain tapis merupakan salah satu produk yang sulit untuk diproduksi massal, karena proses pembuatannya yang membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Hal ini membuktikan bahwa untuk memproduksi kerajinan tapis membutuhkan komitmen, ketekunan, kesabaran, dan ketelitian. Oleh karenanya, sudah menjadi jaminan bahwa setiap kain tapis yang Anda peroleh merupakan produk tapis dengan kualitas dan keindahan yang terbaik.

Jadi intinya adalah, kalau bukan kita, siapa lagi yang mau melestarikan warisan leluhur kita sendiri?

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x