Mohon tunggu...
Andira Belagustra
Andira Belagustra Mohon Tunggu... Lainnya - Magister Ilmu Hukum S2 UNJA

Hukum

Selanjutnya

Tutup

Healthy

Gagasan Inovasi untuk Meningkatkan Pelayanan Publik di Jambi pada Bidang Pelayanan Kesehatan

23 September 2022   23:58 Diperbarui: 24 September 2022   00:00 36 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Inovasi layanan kesehatan ini mendeskripsikan sistem pemesanan pelayanan kesehatan di rumah secara online berbasis aplikasi telepon genggam, yang dinamakan "Go- Medis". Pelayanan kesehatan yang dapat ditangani oleh aplikasi Go-Medis ini antara lain:

  • pemeriksaan kesehatan (pemeriksaan gula darah, tekanan darah, kolesterol, dll); 2) pertolongan pertama/ tindakan medis darurat (kecelakaan, serangan jantung, stroke, epilepsi, dll); 3) pemeriksaan kehamilan non-USG; 4) konsutasi kesehatan; 5) persalinan di tempat dalam keadaan darurat; 6) rawat jalan (infus, pemasangan/ pelepasan kateter urine, pemasangan oksigen, dll); 7) pengobatan saat sakit; 8) Perawatan kesehatan manula; 9) Perawatan pasien sakit jiwa; 10) terapi medis; serta 11) pemesanan Ambulance atau mobil jenazah.

Berbagai layanan tersebut tentu saja dapat dipesan dari manapun dan dilaksanakan di manapun pengguna aplikasi/ pasien menginginkannya melalui aplikasi Go-Medis. Aplikasi ini menghubungkan antara pengguna/ pasien, dengan petugas medis (dokter, perawat, bidan, psikiater, terapis, dan lain sebagainya). Sehingga ketika pasien melakukan pemesanan melalui aplikasi, maka data pemesanan yang berisi permasalahan medis yang perlu ditangani atau pelayanan kesehatan yang diinginkan, akan tertera pada aplikasi Go-

Medis milik para petugas medis, sehingga petugas medis yang sesuai dengan pesanan dan bersedia menanganinya seketika itu juga, atau yang posisinya dekat dengan lokasi, dapat mengeksekusi pesanan.Tentu saja pengguna dan para petugas medis harus terdaftar pada database Go-Medis terlebih dahulu agar aplikasi tersebut dapat mendeteksi posisi dan keberadaan pengguna dan para petugas medis melalui Global Positioning System (GPS), menghitung tarif layanan, menampilkan identitas petugas medis yang melayani demi transparansi dan keamanan, memperkirakan waktu kedatangan petugas medis, mengatur tugas mereka, serta memberikan penawaran pesanan layanan medis dari pengguna. Ketika tindakan medis/ pelayanan kesehatan telah selesai dilaksanakan sesuai pesanan, maka aplikasi Go-Medis akan memberikan penghargaan berupa credit point (poin layanan medis) kepada petugas medis tersebut. Jumlah poin tersebut dapat digunakan oleh pemerintah untuk menentukan besarnya tunjangan yang diberikan kepada masing-masing petugas medis.

Layanan pemeriksaan kesehatan, pemeriksaan kehamilan non-USG, terapi medis atau konsultasi kesehatan

Karena keterbatasan transportasi, kesibukan kerja, atau tidak adanya waktu luang, terkadang ibu hamil tidak sempat memeriksakan kehamilannya, pasien pasca pengobatan tidak sempat melakukan terapi, serta masyarakat tidak sempat memeriksakan kesehatannya secara rutin atau sekedar konsultasi kesehatan di fasilitas kesehatan umum sebagai tindakan preventif. Maka dengan alasan kepraktisan dan menghemat waktu, mereka menginginkan layanan kesehatan tersebut di tempat tinggal, tempat kerja atau tempat yang mereka kehendaki di sela- sela kegiatan. Maka mekanisme pelayanannya adalah sebagai berikut:

  • Pasien memesan layanan melalui aplikasi Go-Medis dengan memasukkan alamat tempat dilakukannya layanan dan juga memasukkan jenis layanan kesehatan yang diinginkan.

Kemudian akan muncul tarif berdasarkan jenis layanan yang dipilih.

  • Kemudian setelah pasien mengirim pesanan, aplikasi Go-Medis akan memproses pesanan tersebut, dan dengan algoritma tertentu mencari para petugas medis yang sesuai dengan pesanan tersebut, lalu mengirimkan penawaran pesanan tersebut ke aplikasi Go-Medis di ponsel para petugas medis tersebut.
  • Petugas medis yang tertarik untuk mengambil tawaran dan yg paling cepat menerima tawaran tersebut akan ditugaskan menuju alamat tercantum, dan melaksanakan pesanan.
  • Setelah proses pelayanan selesai, pasien membayar kepada petugas medis berdasarkan tarif yang sudah tertera di aplikasi.
  • Petugas medis tersebut juga berhak mendapatkan poin layanan medis dari aplikasi Go-Medis yang dapat digunakan untuk menghitung besarnya tunjangan/ insentif yang diterima.

Layanan pertolongan pertama/ tindakan darurat

 

Pada saat menolong korban kecelakaan, serangan jantung, stroke, epilepsi, atau persalinan darurat, terkadang masyarakat bingung apa yang harus mereka lakukan. Dan jika fasilitas kesehatan umum terlalu jauh untuk dijangkau, maka mereka dapat menggunakan Go-Medis untuk mendapatkan bantuan petugas medis terdekat dari lokasi kejadian.Karena layanan ini termasuk dalam keadaan darurat, maka tidak akan dikenakan tarif atau biaya layanan. Langkah-langkah yang perlu dilakukan adalah:

  • Pasien memesan layanan darurat melalui aplikasi Go-Medis dengan memasukkan alamat lokasi kejadian dan juga memasukkan jenis keadaan darurat yang dialami.

Kemudian setelah pasien mengirim pesanan, aplikasi Go-Medis akan memproses pesanan tersebut, dan dengan algoritma tertentu mencari para petugas medis yang sesuai dengan pesanan tersebut, lalu mengirimkan penawaran pesanan tersebut ke aplikasi Go-Medis di ponsel para petugas.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan