Mohon tunggu...
Andini Maharani
Andini Maharani Mohon Tunggu... Fakultas Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Life's just the pursuit of the ability to be satisfied with what you have.

Selanjutnya

Tutup

Musik

Mantan Penggemar BTS (Ex-Army)

9 Februari 2021   07:55 Diperbarui: 9 Februari 2021   11:41 246 0 0 Mohon Tunggu...

Sebagai mantan penggemar BTS ( ex-ARMY) , mengapa anda meninggalkan fandom?
Oleh: Andini Maharani

Awal mulanya seperti ini :
"Mengapa banyak fandom lain mengatakan ARMY (fans BTS) toksik?"


Ya karena memang seperti itu. Saya seorang ARMY. Saya ikut menemani BTS saat mereka masih benar-benar dibawah. Ketika mereka dikatakan hal-hal buruk, saya ikut merasakan rasa sedih dan jengkel.

 Siapa mereka yang sok ngatain BTS?

Tidak ada api tanpa asap.

Aduh betul sekali. Tanpa asap yang duluan muncul, pasti tidak akan ada api kan?

Tapi apa pernah, kita cari tahu akar asapnya muncul darimana? Atau kapan asal muasal api yang besar ini?

Mari kita tengok beberapa tahun terakhir. Mungkin sekitar tahun 2013–2014.

Mereka menertawakan nama Bangtan Seonyondan yang artinya sendiri Pasukan Anti Peluru. Fans-fans dari grup lain terus mengejek nama tersebut, katanya terlalu norak untuk grup yang paling-paling hanya bertahan 2 tahun. Saat itu ARMY membela grup kesayangan mereka. Tapi jumlahnya masih sangat kecil. Sedangkan yang mereka lawan adalah gabungan fans beberapa grup. Dari sini kita bisa tau, bahkan baru debutpun BTS langsung mendapat komentar yang tidak pantas. Apa salah ARMY yang membela BTS? Jadi siapa yang mulai duluan?


BTS itu versi murahan dan palsu dari B*GB*NG, jadi tidak usah repot-repot buat menyamakan diri dengan mereka. Sebenarnya saya sedih sekali membaca ini. Hanya karena lagu debut BTS beda dari kebanyakan grup, mereka malah menyamakan BTS dengan B*GB*NG yang memiliki aliran musik yang berbeda juga dari kebanyakan grup. Apalagi yang harus dilakukan ARMY yang jumlahnya kecil itu selain membela mati-matian grup kesayangan mereka? Memangnya BTS salah kalau mereka debut dengan konsep berbeda?


Member BTS itu jelek. Mereka tidak cocok jadi idol. Hanya karena mereka tidak sama dengan standar kecantikan orang Korea, apa pantas para fans dari grup lain menjatuhkan grup yang baru saja debut? Dibanding memperhatikan idolnya, para haters kayaknya lebih suka menjatuhkan grup lain.
  

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x