Mohon tunggu...
Andini sukmadewi
Andini sukmadewi Mohon Tunggu... My succes is only by ALLAH✨

Andini sukma dewi

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Ketahui Stimulasi Saraf Bayi

11 April 2021   23:19 Diperbarui: 11 April 2021   23:21 40 4 0 Mohon Tunggu...

Mari ketahui stimulasi saraf pada bayi ditahun pertama
Stimulasi saraf pada bayi sangat penting untuk diketahui sehingga artikel kali ini akan membahas stimulasi saraf pada bayi ditahun pertama. Disini sudah pada tau belum apa pengertian dari stimulasi ? jadi stimulasi merupakan suatu hal yang dapat membantu untuk mengoptimalkan perkembangan serta pertumbuhan pada bayi. 

Ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk stimulasi yaitu lewat kegiatan sehari hari dalam perawatan pada bayi, dalam memberikan stimulasi pada bayi jangan mengunakan cara yang rumit cukup berikan yang terbaik. Stimulasi dari lahir/ dini memberikan kematangan pada struktur sistem saraf dan otak hal ini dikarenakan bahwa kunci dari sebuah sukses ketika tercapainya kecerdasan pada masa plajar. Ada beberapa stimulasi yang harus diterpkan pada bayi diantara stimulasi tersebut sebagai berikut ini.
*Stimulus keseimbangannn
*Stimulus pengecap
*Stimulus pendengaraan
*Stimulus sentuhaan
*Stimulus penciumaan
Ada beberapa hal yang harus dilakukan ketika menerapkan stimulus diatas, caranya sebagai berikut :
a.Pijat dapat berfungsi sebagai kematangan saraf pada bayi. Lewat adanya metode pijat dapat membawa stimulus belaian melalui berbagai sentuhaan sehingga dapat menimbulkan dan memberikann kelancaran peredaran darah  merah. Dengan adanya kelancaran tersebut dapat mempengaruhi dan meningkatkan sisteem metabolisme pada tubuh anak serta membuat ketahanan pada tubuh anak meningkat sehingga anak tidak mudah terserang penyakit.

b.Sentuhan dapat memberikan informasi pada kehangatan tubuh bayi sesudah mandi, serta dengan adanya sentuhan ini membuat peredaran darah pada bayi lanca di bagian perut dan dada bayi sehingga dengan adanya hal tersebut dapat memberikann kesempatan pada sebuah metabolisme tubuh bayi bekerja dengan sangat baik.

c.Perawatan kulit berfungsi untuk menjaga dan mebantu kesehatan pada kulit bayi serta membuat kulit bayi menjadi halus. Adanya aroma atau keharuman pada tubuh bayi  mebuat stimulasi saraf pada bayi menjadi baik dan dapat membantu otak bekerja dengan sempurna dalam menjaga keseimbangan tubuhh bayi.

d.Mandi
Seperti yang kalian ketahui bahwa mandi berfungsi untuk membersihkan tubuh akan tetapi mandi juga termasuk dalam stimulus keseimbangan. Pada stimulasi tahap awal ini bahwa bayi membutuhkan suasana ayunann air seperrti bayi masih menjadi janin didalam kadungan sang bunda.

Nah skarang teman- temang sudah pada mengatahui bahwa apa saja stimulasi saraf pada bayi ditahun pertama. Cukup sekian artikel ini semoga  bermanfaat dalam menambah pengetahuan dan wawasan kalian tentang stimulasi daraf pada bayi. Saya sebagai penulis artikel ini sangat menyadari bahwa tulisan ini jauh dari kata sempurna oleh karena itu saya meminta maaf jika anda menemukan kalimat yang kurang sempurna dan banyak kata typo maka dari itu saya sangat membutuhkan saran dan kritik dari kalian para pembaca.

VIDEO PILIHAN