Mohon tunggu...
Andini sukmadewi
Andini sukmadewi Mohon Tunggu... My succes is only by ALLAH✨

Andini sukma dewi

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Mari Ketahui Hormon Manusia

28 Februari 2021   20:53 Diperbarui: 28 Februari 2021   21:41 80 8 0 Mohon Tunggu...

Sistem hormon merupakan sistem yg terdapat beragamm organ dan juga kelenjar yg memiliki peran untuk memproduksi hormon manusia. Apabila sistem hormon terganggu maka dapat menyebabkan kenerja pada sister organ yg lainya juga dapat memyebabkN sejumlah penyakit.

Pentingnya mengetahui hormon pada manusia. Didalam tubuh, hormon manusia memiliki banyak macam fungsi dan juga terdapat banyak hormon. Semua hormon di dalam tubuh manusia harus memiliki porsi yang seiimbang supaya tidakk dapat memiliki efek buruk bagi hormon manusia. Hormon manusia memiliki ratusan macam akan tetapi ada 10 macam hormon manusia yg harus di ketahui, akan tetapi di artikel kali ini saya sebagai penulis hanya membahas beberapa saja diantaranya sebagai berikut:

- hormon melatonin

Hormon melatonin memiliki fungsi untuk mengontrol tidur dan juga sebagai antioksidan dalam tubuh. Hormon melatonin ini di hasilkan dengan cara alami oleh tubuh manusia. Walaupun dihasilkan secara alami tetapi hormon melatonin memiliki kekurangan dan juga kelebihan walaupun hormon ini mempunya kekurangan dan kelebihan tetapi hormon melatonin ini dapat menyebabkan buruk bagi tubuh manusia. 

Sebelum kita mengetahui kelebihan hormon melatonin mari kita bahas dulu kekurangan yg ada pada hormon ini. Kekurangan yg terdapat pada hormon melatonin menimbulkan kesusahan saat tidur/ kesulitan tidur (insomnia), depresi, cepat menyebabkan kelelahan dan membuat menstruasi tidak teratur dan juga dapat menimbulkan mata katarak.

Sahabat kita sudah membahas kekurangan pada hormon melatonin dan skarang kita akan membahas kelebihan dari hormon tersebut. Karena begini sahabat setiap yg memilki kekurangan pasti memiliki kelebihan.

Kelebihan yg dimiliki hormon melatonin dapat menimbulkan ngantuk, sakit kepalaa, ganguan pada hati.

- hormon tiroid

Hormon tiroid meliki fungsi sebagai peningkatan pada metabolisme basal dan juga dapat mempengaruhi sintesisss protein. Sama seperti hormon lainya, hormon tiroid juga memiliki kekurangan dan kelebihan.

Kekurangan yg ada pada hormon tiroid dapat menimbulkan lesuu, detak jantung menjadi lambat serta juga ganguan pada memori.Sedangkan kelebihanya dapat menimbulkan kesulitas tidur (insomnia), denyutan jantung menjadi tidak teratur dan membuat tubuh jadi demam. Hormon ini di terjadi di kelenjaar tiroid..

- hormon insulin

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x