Mohon tunggu...
Andini Kartika S
Andini Kartika S Mohon Tunggu... Mahasiswa

Hallo

Selanjutnya

Tutup

Lingkungan

Mahasiswa Upgris Memanfaatkan Botol Plastik Bekas untuk Dijadikan Pot Tanaman Gantung

15 September 2020   23:00 Diperbarui: 15 September 2020   23:12 17 0 0 Mohon Tunggu...

Dokpri
Dokpri
Dokpri
Dokpri
Ngaliyan- Seorang Mahasiswa Universitas PGRI Semarang (UPGRIS) mengangkat program kerja pemanfaatan botol plastik bekas yang dijadikan pot tanaman gantung dalam kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Covid-19 Literasi dan Numerasi 2020. Mahasiswi tersebut bernama Andini Kartika Sari dari jurusan Bimbingan dan Konseling.

Kegiatan ini dilakukan pada hari Rabu, 26 Agustus 2020 di Kedungpane RT04/ RW 10 Kelurahan Ngaliyan, Kecamatan Ngaliyan Kota Semarang. kegiatan tersebut dilangsungkan bersama anak --anak di lingkungan setempat dengan mengedukasi dan mempraktikan secara langsung terkait cara pembuatan pot, penanaman tanaman dalam pot hingga perawatannya.

Di tengah masa pandemi seperti ini, anak anak merasa bosan dan jenuh karena harus beraktivitas dirumah. Semua kegiatan fisik seperti belajar secara langsung di sekolah dan bermain terpaksa dibatasi. 

Dengan adanya kegiatan pembuatan pot dan penanaman tanaman ini diharapkan dapat mengurangi rasa bosan dan jenuh yang di rasakan oleh anak-anak.

 Selain itu, kegiatan ini juga bermanfaat untuk menambah kreatifitas, ilmu serta mengajarkan anak anak agar tetap menyanyangi dan menjaga lingkungan ditengah masa pandemi. 

Hal tersebut dirasa dapat melatih anak anak untuk mencintai lingkungan dimulai dari hal kecil seperti mendaur ulang sampah plastik, penghijauan, dan selalu menjaga tanaman tanaman tersebut.

Program kerja ini dipilih karena cukup mudah di praktikkan dan hanya memerlukan alat serta bahan yang mudah didapat seperti botol plastik bekas, tanah, pupuk, bibit tanaman, kawat dan solder listrik. 

Cara pembuatannya pertama,  botol plastik bekas yang sudah dilubangi dengan solder listrik kemudian diisi dengan tanah dan pupuk yang sudah dicampurkan sebanyak setengah botol. 

Lalu bibit tanaman di letakkan di bagian tengah tanah dalam botol tersebut dan ditutup kembali dengan tanah. Dan yang terakhir kawat di sematkan pada dua sisi botol yang sudah dilubangi guna menggantukkan pot pada dinding.

Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Covid-19 Literasi dan Numerasi 2020 merupakan aktualisasi kolaborasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendibud) bekerjasama dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Ikatan Senat Mahasiswa Kedokteran Indonesia (ISMKI), Asosiasi Institusi Pendidikan Kedokteran Indonesia (AIPKI), Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Rektor Perguruan Tinggi, dan pemangku kepentingan terkait (hingga daerah).

Dalam kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Covid-19 Literasi dan Numerasi ini terdiri dari dua tema umum yaitu Covid-19 dan Literasi Numerasi. Di dalam tema Covid-19 sendiri memiliki beberapa tema khusus seperti Kesehatan Masyarakat. Maka dari itu, diharapkan dengan diadakannya program kerja pemanfaatan botol plastik bekas untuk media penanaman tanaman dapat membuat anak anak di lingkungan tersebut mampu menerapakan daur ulang sampah plastik, penghijauan, dan selalu menjaga lingkungan sekitar.

VIDEO PILIHAN