Mohon tunggu...
Andini Okka W.
Andini Okka W. Mohon Tunggu... -Work for a cause not for applause-

- a teacher, a humanist and a lifetime learner -

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Budaya RSVP Dalam Adab Komunikasi Secara Online

18 Juni 2021   19:05 Diperbarui: 18 Juni 2021   19:20 176 3 3 Mohon Tunggu...

Pandemik karena virus Covid-19 memang membuat banyak perubahan dalam hidup manusia. Salah satunya adalah sistem pendidikan. Saya bekerja sebagai seorang guru swasta di tingkat sekolah dasar. 

Pandemik membuat saya dan rekan sejawat harus putar otak, mencari cara yang efektif agar pembelajaran tetap dapat dilaksanakan tanpa bertatap muka dengan para siswa. 

Tidak hanya teknis pembelajaran siswa, cara kami bekerja di kantor pun berubah total. Kami yang biasa berkumpul dan bekerja bersama, diputuskan untuk melakukan WFH atau Work From Home untuk sementara waktu. Segala informasi, diskusi, dan koordinasi dilakukan secara daring (dalam jaringan), melalui aplikasi WhatsApp.

Pada suatu pagi, salah seorang atasan saya menegur kami dalam grup WhatsApp khusus guru dan staf. Beliau adalah seorang Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum  (Wakasek Kurikulum) yang bernama, sebut saja Ibu Kurniawati. 

Beliau menegur kami untuk tidak melupakan RSVP dalam berkoordinasi dan berkomunikasi melalui aplikasi WhatsApp. Hal ini dilakukan sebagai bentuk apresiasi  dan umpan balik langsung kepada siapapun penyampai informasi dalam grup. Dengan demikian komunikasi yang sehat dan aktif dapat tercapai, walaupun terbatas hanya dilakukan melalui jaringan internet.

 Jujur saja, saya memang sering melihat tulisan RSVP pada undangan pernikahan. Namun saya hanya membacanya sebagai suatu kata yang berhubungan dengan reservasi atau mohon kesediaan konfirmasi. Berbekal dari teguran pagi tadi, saya pun penasaran apa itu sebetulnya arti kata RSVP. Bertanya kepada Mbah Google adalah jalan ninja saya hehehe...

Menurut artikel yang saya baca, secara etimologis RSVP merupakan sebuah singkatan dari Bahasa Perancis. Melansir dari The Spruce, RSVP berasal dari ungkapan Bahasa Perancis rpondez s'il vous plat yang artinya tolong tanggapi.

Kemudian menurut Kamus Bahasa Inggris Indonesia, r.s.v.p. berarti (Repondez sil vous plait) Fr.: Harap dijawab. Dalam Bahasa Inggris, ungkapan ini diterjemahkan menjadi "please respond".

Jika kata RSVP ditulis dalam sebuah undangan, maka tuan rumah telah meminta tamu menanggapi untuk konfirmasi apakah mereka berencana untuk menghadiri pestanya atau tidak. RSVP berguna untuk pihak pengundang karena mereka bisa memperhitungkan jumlah tamu yang datang.

Sedangkan dalam adab berkomunikasi melalui WhatsApp seperti yang Ibu Kurniawati maksud, RSVP berarti memberikan jawaban atau respon cepat tanggap terhadap pernyataan atau pertanyaan seseorang dalam grup.

Semenjak ditegur dan mengetahui arti RSVP yang sebenarnya. Saya menjadi pribadi yang menjunjung tinggi budaya RSVP dalam berkomunikasi online. Entah itu ketika berkomunikasi online dengan anggota keluarga sendiri, teman sejawat, orangtua siswa, penjual barang, atau  ojek online. Sebisa mungkin saya akan memberikan respon dengan cepat dan sopan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN