Mohon tunggu...
Andika Surya Winata
Andika Surya Winata Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

KOMUNIKASI DAN PENYIARAN ISLAM

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Masa Depan Jurnalisme

5 Oktober 2022   09:51 Diperbarui: 11 Oktober 2022   14:11 58 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Jurnalisme merupakan suatu kegiatan menghimpun berita, mencari fakta dan melaporkan suatu peristiwa. Kegiatan jurnalisme sudah sejak lama ada. Di Indonesia sendiri kegiatan jurnalisme sudah ada sejak zaman penjajahan yang diawali oleh belanda. Kegiatan jurnalisme terus meningkat seiring dengan perkembangan zaman. 

Masa depan jurnalisme dinilai akan bagus, karena perkembangan teknologi yang semakin maju terutama di bidang multimedia dan internet. Jurnalisme masa depan tidak terlepas dengan nama nya multimedia. Dampak dari multimedia membawah perubahan yang besar bagi jurnalisme. Dahulu proses jurnalisme hanya mengandalkan gaya pencarian dan penulisan yang terbilang sangat minim. Pencarian berita dilakukan menggunakan peralatan seadanya sampai dengan proses mentransmisikan berita. Namun di era saat ini proses jurnalisme sudah di bantu oleh berbagai teknologi canggih seperti, video, gambar, audio, infografis, dan animasi. Komponen pendukung di atas menjadi bagian dari multimedia.

Jurnalisme di tuntut untuk bisa memberikan suatu informasi yang aktual dan terpercaya. Karena banyak jurnalisme yang memberikan informasi namun berita tersebut tidak dapat di percaya atau hoaks. Masyarakat pada saat ini membutuhkan berita yang bisa di percaya. Banyak jurnalisme yang tidak sesuai dengan aturan sehingga menimbulkan banyak nya kritik dari masayarakat. 

Jurnalisme sudah dijadikan sebagai propaganda di dalam dunia politik untuk saling menjatuhkan satu sama lain. Propaganda ini yang menjadikan masyarakat bingung mana yang harus di percaya. Masyarakat hampir tidak percaya lagi dengan jurnalisme karena banyak nya berita yang tidak sesuai dengan kenyataan nya.

Namun di lain sisi, jurnalisme juga memiliki hal yang positif. Dengan kekuatan teknologi saat ini jurnalisme sudah banyak memberikan berita kepada masyarakat yang mengungkap kejadian suatu peristiwa. Diungkapnya dalang dari suatu peristiwa juga merupakan bagian dari jurnalisme.

Jika jurnalisme ingin berkembang lebih baik lagi, maka berikan lah suatu berita yang memiliki manfaat dan aktual bagi masyarakat. Jurnalisme sudah harus siap untuk menghadapi perkembangan zaman dan teknologi ke depan nya. Masa depan jurnalisme akan bagus jika bisa memberikan berita yang aktual dengan menggunakan teknologi dari internet, karena penyebaran internet sangat cepat dan jangkauan yang jauh hingga ke seluruh dunia.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan