Mohon tunggu...
Andika Putra Kamula
Andika Putra Kamula Mohon Tunggu... Mahasiswa - Be Success

🎓 Universitas Pendidikan Indonesia 📚 Pendidikan Ilmu Komputer '18 📌 Afirmasi UPI '18 📍 Taliwang - Sumbawa Barat - NTB

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Masa Pandemi: Sistem Daring SMP Negeri 29 Kota Bandung

31 Juli 2021   19:00 Diperbarui: 31 Juli 2021   19:14 40 0 0 Mohon Tunggu...

Sejak munculnya kasus Covid-19 pertama di Indonesia, pemerintah dengan tegasnya mengubah sistem pembelajaran yang awalnya tatap muka menjadi dalam jaringan (daring), sikap ini diambil untuk memutus rantai penyebaran covid-19 di indonesia.

Perubahan Pola Belajar

Sebelum covid-19 menyebar di Indonesia, sistem pembelajaran berlangsung secara tatap muka atau di ruang kelas. Guru menerangkan materi di papan tulis, siswa membentuk kelompok belajar, diskusi dilakukan dua arah, siswa bertanya dan guru menjawab, hal ini berubah setelah covid-19 pertama kalinya diumumkan masuk ke Indonesia. Semua pembelajaran di sekolah dilaksanakn seca daring, hal ini membuat guru dan siswa harus belajar kembali terkait sistem pembelajran daring, penggunakan media, alat komunikasi, serta aplikasi pendukung pembelajran.

SMP Negeri 29 Kota Bandung

SMPN 29 Kota Bandung terletak di Jl. Geger Arum No.11, Isola, Kec. Sukasari, Kota Bandung, Jawa Barat 40154. Sudah satu tahun melaksanakan pembelajaran daring sejak covid-19 masuk ke Indonesia, tidak terlepas kegiatan awal masuk sekolah bagi siswa baru yakni Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS). MPLS merupakan kegiatan dimana siswa baru mengenal sekolah, guru, dan juga teman sekelas atupun seangkatannya. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan teknologi (Kemendikbudristek) mengimbau pelaksanaan MPLS pada awal Tahun Ajaran Baru 2021/2022 menyesuaikan kondisi pandemi dan mematuhi aturan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). Direktur Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Ditjen PAUD, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah, Muhammad Hasbi menyampaikan kegiatan MPLS dapat diisi dengan program edukatif yang berisi pengenalan ekosistem sekolah dan menghindari perploncoan.

Kerja Kuliah Nyata (KKN) Tematik UPI 

Pelaksaan KKN UPI tahun ini megambil dua tema utama yakni pendidikan dan ekonomi, tema pendidikan berfokus pada pendampingan pembelajaran daring siswa, guru dan orang tua. Pendampingan yang dilakukan oleh temen teman KKN seperti, pembuatan bahan ajar, pengunaan teknologi, aplikasi, serta membantu adminstrasi di sekolah. Tidak luput kegiatan MPLS, tim MPLS SMP Negeri 29 Kota Bandung bersama Tim IT KKN berkolaborasi menghidupkan MPLS daring. Dengan ide, konsep dari sekolah Tim IT bekerja sama melakukan shooting video pembukaan, sambutan, pekenalan lingkungan sekolah, penyampaian materi MPLS, perkenalan wali kelas, serta penutupan MPLS. Hal ini berdampak baik bagi kami mahasiswa yang sedang melaksanakan KKN di SMP Negeri 29 Kota Bandung.

MPLS Daring SMP 29 Kota Bandung

MPLS dilaksanakan pada tanggal 19, 20, dan 21 Juli 2021. Tiga hari pelaksanaan MPLS dimulai dengan pembukaan MPLS oleh bapak Iskandar Gana Siswanto, S.Pd., lalu dilanjutkan dengan sambutan kepala sekolah bapak Muharam Sarifudin, S.Pd., dan terakhir video Penanggulangan Covid-19 : Gerakan 5M yang dibuat oleh kolaborasi seluruh mahasiswa KKN di SMP Negeri 29 Bandung (https://youtu.be/VDqu1Ch6iIk), dilanjutkan pada hari kedua diisi dengan penayangan video pengenalan lingkungan sekolah yang disampaikan oleh ibu Hj. Yuyun Wahyuningsih, S.Pd., dilanjutkan dengan pengenalan pendidikan dan peserta didik oleh bapak Hasan Nurdin, S.Pd., kemudian pengenalan program unggulan sekolah oleh ibu Yulienah Rambing, S.Pd., dan terakhir pengenalan ekstrakulikuler oleh bapak Drs. Ma'sum Komarudin. Hari Terakhir MPLS (22/07/21) diisi dengan kegiatan penayangan video kesadaran berbangsa dan bernegara oleh bapak Danu Wijanarko, S.Pd., kemudian pengenalan kurikulum pendidikan oleh ibu Nyi Euis Nurhayati, M.Pd., dan terakhir penguatan pendidikan karakter bandung masagi oleh ibu Titin Sutinah, S. Ag. Berkat kerja sama TIM IT KKN dengan Sekolah kegiatan MPLS dapat berjalan dengan lancar tanpa adanya hambatan yang berarti.

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN