Bisnis

Cara Burung Walet Cepat Menginap

12 Juli 2018   19:46 Diperbarui: 12 Juli 2018   20:01 1713 0 0

Hari ini kebetulan liburan jadi santai di Rumah..di sini saya akan menjawab beberapa pertanyaan2 yang sama di  inbox oleh teman2 dan saya rasa juga ingin sekali teman2 ketahui jawabannya. Nah saya akan memberikan jawaban tersebut sesuai ilmu dan pengalaman yg saya miliki. Jika ada kesalahan silakan di koreksi oleh pakar2 yg mgkn lebih ahli.  Berikut pertanyaan nya :

1. PAK...apakah benar RBW itu harus disekat2 dan di kamar2 kalau tdk walet tidak mau  nginap ? 

2. Apa manfaat dari sekat pak ? 

3.. Bagusnya  pakai bahan apa sekat ya pak ? Ada apa kelebihannya dan kekurangannya ? 

4. Pak ..kenapa Rbw saya di sekat semua tapi begitu2 terus tdk ada penambahan hasil hanya 1-2 kilo saja tiap bulan padahal dari 4 tahun lalu hasil sdh begitu tdk bertambah2. 

Jawaban saya: 

1. Tidak semua Rumah walet itu membutuhkan sekat ada yg dari rumah monyet lgsg terjun masuk ruang inap tanpa sekat sama sekali tapi void hanya ukuran 1.5 x 2m saja  dan burung sangat byk yg inap jg...tergantung jenis atau design bangunan Rbwnya seperti apa bentuknya ? Apakah model plong dari atas sampai ke lantai dasar dgn Roving room yg ukuran min 2x3m2 ke atas ? Kalau tipe ini saya sarankan mesti di sekat terutama 2 lantai teratas dan harus lihat ukuran rbw jg kalau cukup panjang min 2 lapis sekat akan lebih bagus..kalau tipe rumah monyet dengan sistem roving room tdk plong dari lantai atas ke lantai dasar kemungkinan tdk perlu di sekat tapi mesti lihat tata design rbwnya dl..

2. Kita ketahui bahwa walet merupakan burung yg hidup secara berkoloni dan suka hinggap di sudut2 atau belakang sekat supaya merasa aman..di sini kita ketahui manfaat kenapa kita mesti  berikan sekat pada RBW adalah supaya bisa mengumpulkan burung di satu ruangan sehingga cepat terbentuknya koloni walet di tempat tersebut dan dengan adanya sekat walet merasa aman dan nyaman tinggal di ruang tersebut jika terlalu plong gt walet akan masuk keluar saja dan tdk akan nginap karna merasa kurang aman dan nyaman dan jangan lupa sekat itu jgn sampai menghambat arus terbang walet..jadi ketahuilah arus terbang walet di rbw anda. Jika terhambat maka populasi akan lambat berkembang .

3. Jenis sekat yang bisa di pakai dan apa kelebihan dan kelemahannya ? 

  * Kain hitam

 - kain hitam mempunyai kelebihan tdk mantul cahaya jika pasang di Roving room yg berhadapan dgn cahaya masuk , walet tdk sakit  jika terbentur , Aroma yg di semprot ke kain lbh tahan lama , anakan walet gampang hinggap , praktis dalam pemasangan , tdk berbau 

Dan kelemahannya di sini adalah kadang kaki walet tersangkut di sela2 benang kain akhirnya tersangkut mati di kain sekat .

 * PAPAN TRIPLEK 

 Papan triplek gampang di pasang dan tdk memantulkan cahaya tetapi kelemahannya berbau kimia pekat jadi saya sarankan jemur dan cuci dulu sampai benar2 kering dan tdk berbau kimia baru di pasang ke rbw atau semprot dgn perfum walet dulu supaya bau kimia hilang 

 *  TERPAL 

  Terpal gampang di pasang dan pindah2 juga walet tdk sakit jika tabrak kepalanya  tetapi kekurangannya kalau pasang di Roving room berhadapan cahaya masuk bs memantul cahaya 

 *  STEREOFOAM / Gabus 

  Gabus praktis dalam pemasangan , tidak berbau , walet gampang hinggap dan kelemahanya berwarna putih jd di sarankan cat hitam dulu dan tak sengaja terdorong bs pecah dan jatuh ...

* Papan KAYU dan Beton

 Kelebihan awet dan tahan lama dan kekurangannya butuh biaya lbh besar dan merepotin jika ingin merubah arah sekat lg mesti bongkar..

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2