Mohon tunggu...
Dr. Andi Hermawan M.Pd
Dr. Andi Hermawan M.Pd Mohon Tunggu... Guru - Guru Swasta

Menulis adalah Caraku bersyukur dan mensyukuri Karunia Allah SWT

Selanjutnya

Tutup

Worklife

Manajemen Diri

25 September 2022   12:40 Diperbarui: 13 November 2022   15:00 189 3 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
manajemen diri (andi hermawan)

Waktu adalah kekayaan yang tak ternilai, tetapi bersifat terbatas untuk siapapun. Jadi, siapapun yang tidak memanfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya pastilah hidupnya merugi. Menyia-nyiakan waktu sama artinya menyia-nyiakan hidup. Cara Anda menghabiskan waktu Anda, tentu saja, cara Anda menghabiskan hidup Anda. 

Jangan membiarkan beban dan masalah hidup menjadi penghambat untuk menggunakan waktu secara produktif. Tinggalkan semua energi negatif perusak kedamaian hidup dan fokuskan hidup di dalam energi positif. 

Kenali diri sendiri dengan baik, miliki pengetahuan yang luas, jalani hidup dengan optimis, serta menyerahkan hidup pada kehendak Tuhan. Waktu siapapun sangat singkat dan terbatas, pergunakan waktu secara bijak untuk menumbuhkan kesuksesan yang diimpikan.

Dalam perjalanan Anda bersama waktu Anda selalu saja akan ada hambatan. Mungkin saja ada peristiwa hidup yang menurunkan hidup Anda, tetaplah tenang dan terkendali, tetaplah berpikir positif, tetaplah bersikap optimis, serta tidak melawan realitas yang hadir. 

Hadapi semua hambatan itu dengan optimis dan lepaskan yang tidak penting, yakinkan diri Anda bahwa semua hal baik pasti terjadi untuk keuntungan Anda. Kemudian, bergeraklah dengan pengetahuan dan keterampilan yang membuat Anda bisa sampai pada tujuan.

Dalam hidup, Anda tidak selalu harus ngotot sesuai maunya Anda sendiri. Terkadang Anda harus melepaskan untuk menerima sesuatu melalui jalan perubahan. Bila Anda ngotot menunggu saat yang tepat sambil setiap hari berpikir tentang hal tersebut, maka Anda hanya sedang menghabiskan waktu Anda. 

Hidup ini terlalu singkat untuk menunggu dan bertanya-tanya apa yang mungkin terjadi di masa depan. Pencapaian yang besar dimulai dari tindakan dan sikap optimis saat harus melalui perubahan dan ketidakpastian. Jadi, ketika semua hal terlihat sulit, Anda harus bisa memfokuskan energi dan perhatian Anda untuk melakukan yang terbaik pada saat sekarang.

Jangan sia-siakan waktu di momen sekarang dengan memikirkan hal-hal yang tidak mudah untuk dilakukan saat sekarang. Segeralah keluar dari zona nyaman saat Anda harus bersikap melalui perubahan. Pesan orang bijak, lebih baik berada di dasar tangga yang ingin Anda naiki, daripada menunggu dibagian puncak tangga yang tidak Anda sukai. Ikuti intuisi Anda dengan pengetahuan yang tepat untuk melewati hari-hari Anda dengan sukses.

Waktu Anda pada hari ini haruslah diberikan perhatian sepenuhnya dan dimanfaatkan untuk kebaikan hidup Anda. Jangan pernah sekalipun Anda membiarkan waktu Anda diambil oleh kekuatan negatif dari pikiran dan emosi yang tidak Anda kehendaki. 

Katakan kepada diri Anda sendiri, berkali-kali, setiap hari, setiap saat, bahwa waktu Anda hanya digunakan untuk sukacita, kemudahan, kegembiraan, kesuksesan, kebahagian, serta hal-hal yang membuat hidup Anda kuat dan hebat. Bila Anda terbiasa memberikan waktu Anda untuk kekuatan negatif, maka hidup Anda menjadi penuh beban dan banyak kesulitan. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
  8. 8
  9. 9
Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan