Mohon tunggu...
Andi Firdhaus Lancök
Andi Firdhaus Lancök Mohon Tunggu... Penikmat Kata

Alumnus Mindanao Peace Building Institute (MPI), Davao City, Filipina

Selanjutnya

Tutup

Wisata Pilihan

Danau Toba, Wonderful Indonesia

23 Juli 2019   19:32 Diperbarui: 30 Juli 2019   10:18 0 7 1 Mohon Tunggu...
Danau Toba, Wonderful Indonesia
Melakukan selfie di pinggir Danau Toba | dokpri

Layaknya Danau Victoria di Afrika, Inle di Myanmar, Hoan Kiem di Vietnam dan Danau Ang Nam Ngum di Laos

INI kesan pertama menelusuri sepanjang jalan Medan menuju Parapat, setelah melewati Kota Tebing Tinggi dan Pematang Siantar. Satu satunya jalan Lintas Tengah Sumatera yang kami lewati.

Meski masih banyak infrastruktur jalan yang masih rusak, tapi terbalas dengan pemandangan alam sekitar yang apik. Di sepanjang jalan, kita bisa melihat ragam kebudayaan yang berbeda.

Sesampai di Parapat, lelahnya perjalanan terbayar sudah. Sekejap menikmati riuh dan ramainya pengunjung. Satu-satunya Danau Toba yang menjadi surga wisatanya Indonesia.

Sebagai kebanggaan, toba juga menjadi idola tersendiri bagi masyarakat Indonesia, terutama warga Sumatera Utara. Inilah danau terbesar di Indonesia bahkan Asia Tenggara. Kedua terbesar di dunia setelah Danau Victoria di Afrika.

Keindahannya memang menakjubkan. Danau yang lebarnya sekitar 30 kilometer dan panjangnya sekitar 100 kilometer adalah danau alam tekto-vulkanik, yang di tengahnya terdapat sebuah pulau bernama Samosir.

Menyendiri di tepi Danao Toba, sesaat menikmati panorama laut yang indah.
Menyendiri di tepi Danao Toba, sesaat menikmati panorama laut yang indah.

Ahli sejarah mencatat, danau ini terbentuk sekitar 73 ribu tahun yang lalu, setelah ledakan gunung berapi maha dahsyat. Bill Rose, seorang peneliti dari Michigan Technological University memperkirakan, ada sekitar 2.800 km3 material yang dihasilkan dari letusan tersebut.

Di danau itu, saya menikmati sekilas panorama alam. Hilir mudik para turis manca negara dan warga lokal turut memperlihatkan kesibukan pinggiran Danau Toba. Sebuah kapal ferry dua tinggkat juga terlihat menyeberang laut. Indah.

Di sini juga bisa melakukan banyak hal, alam yang sejuk serta pamandangan yang asri menambah kesan tersendiri. Mendaki gunung, berenang, dan berperahu layar tentu akan membius pikiran yang menakjubkan. Ditambah udara yang bersih dan suasana yang santai.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x