Mohon tunggu...
Andi Firdhaus Lancök
Andi Firdhaus Lancök Mohon Tunggu... Penikmat Kata

Alumnus Mindanao Peace Building Institute (MPI), Davao City, Filipina

Selanjutnya

Tutup

Travel

Raja Ampat, Tanah Surga di Papua

24 Juli 2019   09:50 Diperbarui: 24 Juli 2019   18:41 39 2 1 Mohon Tunggu...
Raja Ampat, Tanah Surga di Papua
Source Image: wildernesstravel

Ada banyak tempat di Indonesia yang mestinya wajib dikunjungi. Ragam keindahan alam tersaji dan bertebaran di berbagai pelosok nusantara.

Selain ada di Sumatera, di Papua juga tak kalah menariknya. Bahkan ada ungkapan, tanah Papua adalah tanah Surga yang jatuh ke bumi. Ungkapan tersebut seperti tidak berlebihan jika kita menelusuri indahnya beberapa sudut di tanah Papua.

Raja Ampat misalnya, tak asing nama ini terdengar. Letaknya di kepulauan Provinsi Papua Barat. Seorang teman berkisah, jika hendak menuju Raja Ampat, terlebih dahulu terbang ke Sorong, lalu menyeberangi laut untuk tujuan Kota Waisai.

Di sinilah, Raja Ampat bisa dijelajahi hingga ke Kepulauan Wayag di bagian paling utara. Tentu, saat menjelajahi pulau dengan keindahan alam yang luar biasa, perlu merekam semua kenangan yang tertantang.

Pemandangan sejauh mata memandang selalu memberikan kesan tersendiri.

Bahkan, Raja Ampat juga merupakan salah satu destinasi wisata yang pantang tidak di catat dalam daftar kunjungan wisata. Sebab, Raja Ampat salah satu tempat paling indah di Indonesia.

Kenapa? Salah satunya adalah gugusan pulau karang, sebagai highlightutama dari Raja Ampat. Bahkan gugusan karang yang paling fenomenal terletak di Pianemo, Kabui dan Wayag.

Fantastis! Kumpulan pulau kecil begitu indah terlihat. Sejauh mata memandang kita disuguhkan keindahan pulau kecil-kecil di tengah laut. Air biru yang jernih sangat menakjubkan, selain pasir putih halus yang membingkai panorama alam tersebut.

Tak lengkap rasanya bila tanpa berfoto-foto, snorkeling, diving atau sekadar berenang kecil untuk melepas lelah setelah seharian menjelajah. Bertambah lagi dengan udara yang turut menyegarkan tubuh.

'Tanah Surga' ini memang layak dikunjungi, bahkan Raja Ampat sudah menjadi langganan penghargaan dunia. Website berita internasional CNN Travel pada pertengahan 2007 memasukkan Raja Ampat dalam daftar Best Diving Spot in Asia. Wonderfull.

Bukan hanya itu, Raja Ampat, juga menjadi rumah bagi 540 jenis karang serta 1.511 spesies ikan bermukim di sana. Selain itu, 700 jenis moluska juga turut mewarnai alam bawah laut Raja Ampat.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN