Mohon tunggu...
Andhika Prawira
Andhika Prawira Mohon Tunggu... wiraswasta -

Just follow my passion dan berbahagia jika passion tsb akhirnya bermanfaat bagi banyak orang | www.opsilogo.com\r\n

Selanjutnya

Tutup

Money

Fungsi, Kriteria, dan Manfaat Logo untuk Bisnis Anda

5 Juni 2013   13:48 Diperbarui: 24 Juni 2015   12:30 478
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ekonomi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Caruizp

Tulisan ini saya salin dari web usaha saya. Semoga bermanfaat. Salam sukses!

Lima (5) Fungsi Logo untuk Bisnis Anda:

1. Sebagai penanda bisnis Anda
2. Sebagai pembeda antara bisnis Anda dengan bisnis Kompetitor
3. Simbol keunggulan bisnis Anda
4. Simbol kualitas bisnis Anda
5. Sarana membentuk presepsi konsumen terhadap bisnis Anda

Delapan (8) Kriteria Logo yg Baik untuk Bisnis Anda:

1.Berbeda dari logo Kompetitor
2. Unik
3. Sederhana / Simpel
4. Dapat diaplikasikan di berbagai media
5. Mudah dikenali  dalam berbagai ukuran
6. Mudah diingat konsumen
7. Mewakili karakter bisnis Anda
8. Dapat digunakan dalam jangka waktu lama.

Delapan (8) Kriteria Logo yg buruk ( untuk Anda hindarkan):

1.Serupa  dengan logo Kompetitor
2. Pasaran
3. Rumit / Ribet
4. Sulit diaplikasikan di berbagai media
5. Sulit dikenali  dalam berbagai ukuran
6. Sulit diingat konsumen
7. Tidak mewakili karakter bisnis
8. Berumur singkat

Tujuh (7) Manfaat bagi bisnis Anda jika menggunakan logo berkriteria baik:

1.Konsumen tidak tertukar antara kualitas produk Anda dan kompetitor
2. Bisnis Anda terlihat berbeda dan istimewa di pasar ( stand out from crowd )
3. Bisnis Anda mudah disebarluaskan dan diidentifikasi di khalayak ramai
4. Konsumen cenderung memilih produk Anda diantara produk-produk sejenis
5. Konsumen percaya, karena ada kesesuian antara yang ditunjukkan dan dirasakan.
6. Efisiensi biaya karena tidak perlu terus menerus mengganti logo
7. Presepsi positif bisnis Anda tertanam dengan baik di benak konsumen

Tujuh (7) Kerugian bagi bisnis, jika menggunakan logo berkriteria buruk:

1.Dianggap hanya penjiplak atau peniru kompetitor .
2. Bisnis dianggap biasa-biasa saja
3. Desain logo amatir cenderung mewakili bisnis yang amatir juga
4. Bisnis sulit disebarluaskan dan diidentifikasi.
5. Konsumen bingung antara yang ditunjukkan dan dirasakan.
6. Tidak efisien biaya
7. Bisnis lebih mudah dilupakan konsumen.

sumber: www.opsilogo.com

Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun