Mohon tunggu...
andi setiawan
andi setiawan Mohon Tunggu... Kompas.com - Amanat Hati Nurani Rakyat

Sumber informasi tepercaya, akurat, dan mendalam

Selanjutnya

Tutup

Lingkungan

Puskesmas Karta Raharja Ciptakan Bilik Desinfeksi untuk Cegah Penyebaran Virus Corona

30 Maret 2020   20:59 Diperbarui: 30 Maret 2020   21:07 3 0 0 Mohon Tunggu...

Mengantisipasi pendatang atau warga Tubaba yang datang dari perantauan, Puskesmas Karta Raharja kecamatan Tulangbawang Udik, terus melakukan penyisiran setiap hari.

Selain itu, pihak puskesmas juga meminta kepala Tiyuh di Kecamatan Tulangbawang Udik, untuk proaktif melaporkan kedatangan warga yang dari luar kota.

Penanggung jawab medis Penanganan dan informasi Covid-19 Puskesmas Karta Raharja, Dr.Ridho mengatakan, pihaknya telah membuat edaran ke semua Tiyuh untuk mengantisipasi kedatangan warga dari luar daerah ini.

"Ini kami setiap hari, pagi, malam menyisir pendatang. Semua kepalo Tiyuh sudah diminta agar proaktif lapor ke call center jika ada warga yang datang dari luar daerah. (setelah itu pihak puskesmas akan menindak lanjuti dg langsung menghubungi warga yang baru datang serta mengatur jadwal konseling sehingga tidak bercampur aduk dg pasien2 lanjut usia dg maksut untuk menhidari risiko penularan) ," ungkap Dr.Ridho, Senin (30/03/2020).

Kami mengembangkan bilik disinfeksi yang berfungsi untuk membersihkan diri bagi masyarakat umum dengan disemprotkan disinfektan otomatis sebagai salah satu cara mencegah penyebaran virus corona di ruang publik.

"Bilik disinfeksi ini sangat besar manfaatnya sebagai upaya pencegahan COVID-19," Ucapnya.

Ia menuturkan Puskesmas Karta Raharja, terus berupaya mengantisipasi penyebaran virus corona, salah satunya dengan membuat bilik disinfeksi yang dikembangkan tim medis

Lebih lanjut Dr.Ridho menjelaskan, sementara memasang alat tersebut di Puskesmas Karta Raharja yang difungsikan untuk memeriksa dan menyemprotkan disinfektan kepada pengunjung maupun pegawai puskesmas.

"Semua diwajibkan (masuk ke bilik) untuk para petugas dan masyarakat yang hendak masuk ke Puskesmas ini," Tutupnya.

VIDEO PILIHAN