Mohon tunggu...
andi setiawan
andi setiawan Mohon Tunggu... Kompas.com - Amanat Hati Nurani Rakyat

Sumber informasi tepercaya, akurat, dan mendalam

Selanjutnya

Tutup

Bisnis

Bujang Merana Raup Omzet Jutaan dari Tanam Terong dan Cabai

19 November 2019   04:41 Diperbarui: 19 November 2019   05:00 0 0 0 Mohon Tunggu...
Bujang Merana Raup Omzet Jutaan dari Tanam Terong dan Cabai
Sudirman. Dokpri

Lampung - Sudirman (34), warga Desa Karta, Kecamatan Tulang Bawang Udik, Kabupaten Tulang Bawang Barat saat ini punya prinsip, menjadi petani tidak harus memiliki lahan luas.

Ia memanfaatkan bagian tebing embung berukuran 4x12 meter untuk lahan pertanian. Sudirman menyulap pinggir embung menjadi perkebunan mini yang berisi berbagai macam tanaman dan sayuran. Diantaranya cabai, tomat, terong, dan tanaman lainnya.

Sudirman. Dokpri
Sudirman. Dokpri

Teknik bercocok tanam tersebut, cocok untuk masyarakat yang mempunyai lahan sempit. Ia mengaku, bercocok tanam hanya sekadar hobi karena dirinya senang menanam dan memelihara ikan.

"Awalnya saya hanya iseng aja, karena saya senang menanam. Ternyata lahan sempit bisa dimanfaatkan untuk berbagai tanaman," ungkap Sudirman saat berbincang di embung Karta, Senin (18/11/2019) sore.

Ia menyadari, ijazah Sekolah Teknik Menengah (STM) jurusan mekanik otomotif yang dikantonginya tidak bisa diandalkan untuk mendapatkan pekerjaan di sektor formal, apalagi menjadi pegawai kantoran. Namun dirinya juga menyadari bahwa hidup tidak boleh berpangku tangan, dia harus bekerja agar bisa punya penghasilan.

Lokasi embung Desa Karta (kandung piyos).dokpri
Lokasi embung Desa Karta (kandung piyos).dokpri
Di akhir pertemuan, dirinya berharap agar semakin banyak dicetak petani muda. Anak muda harus bergerak untuk berkarya membangun pertanian yang lebih maju.

"Kalau pemuda sudah bertanam maka pasokan pangan akan aman. Kami berharap pemerintah juga turut membantu," tutupnya.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x